Disabilitas di Riau Masih Tersisih, Lukman Edy: Kami Siap Fasilitasi

| Senin, 18/06/2018 20:44 WIB
Disabilitas di Riau Masih Tersisih, Lukman Edy: Kami Siap Fasilitasi Cagub Riau Zaman Now, Lukman Edy diskusi dengan masyarakat Inhil dan komitmen bebaskan Inhil Utara dari daerah terisolir (dok @LukmanEdy_HM)

PEKANBARU, RADARBANGSA.COM - Penyandang disabilitas dan anak berkebutuhan khusus (ABK) di provinsi Riau menjadi perhatian khusus bagi pasangan calon(paslon) Gubri-Wagubri Nomor 2 Lukman Edy-Hardianto.

"Insyaallah jika kami terpilih, khusus untuk penyandang disabilitas dan ABK di Riau kami akan beri perhatian khusus. Kami akan fasilitasi berupa pendidikan khusus dan fasilitas asrama bagi mereka yang rumahnya jauh dengan sekolah," kata Lukman Edy, di Pekanbaru, Senin,18 Juni 2018.

Terlebih, lanjut mantan Menteri Desa ini, sesuai amanat UUD 1945 dan UU Sisdiknas No 20 Th 2003 penyandang disabilitas dan ABK berhak mendapatkan pendidikan khusus, akan tetapi saat ini instansi pendidikan memiliki keterbatasan tenaga pengajar dan fasilitas pendukung.

"Oleh karena itu, fasilitas dan pendidikan yang layak mulai dari tingkat dasar hingga menengah menjadi program prioritas kami jika memimpin Riau lima tahun ke depan. Kami akan bangun fasilitas dan sarana penunjang untuk terselenggaranya dan terwujudnya kesetaraan pendidikan bagi penyandang disabilitas dan anak dengan kebutuhan khusus," urai mantan Ketua Pansus RUU Pemilu itu.

Pendidikan bagi penyandang disabilitas, menurut mantan Wakil Ketua Komisi II DPR ini sejalan dengan UU No 23 tentang Pemerintahan Daerah yang merupakan kewenangan provinsi.

"Akan menjadi lebih mudah bagi kita nanti kalau terpilih dan di amanahkan masyarakat untuk menuntaskannya. Dan, masyarakat juga jangan segan untuk datang dan melapor ke sekolah-sekolah yang nantinya kami tetapkan sebagai sekolah rujukan bagi penyandang disabilitas dan ABK," pungkas Lukman.

Tags : Lukman Edy , Disabilitas , Pilgub Riau