Cak Imin dan Kiai Said Dijadwalkan Hadiri Haul Bung Karno

| Rabu, 20/06/2018 10:07 WIB
Cak Imin dan Kiai Said Dijadwalkan Hadiri Haul Bung Karno Ir. Soekarno (Presiden RI pertama). (Foto: pepnewscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Haul ke-48 Presiden pertama RI, Soekarno, akan digelar di Kompleks Makam Bung Karno di Kota Blitar, Rabu, 20 Juni 2018. Sejumlah tokoh nasional pun dijadwalkan akan menghadiri acara ini.

"Haul ini dimulai sore hari hingga sebelum salat Isya dan rutin digelar untuk mengenang wafatnya Bung Karno, 21 Juni 1970," ujar Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah yang dilansir dari laman cnnindonesia.com.

Adapun tokoh nasional yang dijadwalkan hadir diantaranya Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Said Aqil Siradj, Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, serta Mahfud MD dari BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila). Juga akan hadir cucu Bung Karno sekaligus Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno.

Selain itu, puluhan kiai sepuh NU dan pejabat-pejabat negara lain juga dijadwalkan hadir pada kegiatan yang menjadi rangkaian momentum "Juni Bulan Bung Karno" itu.

Wakil Ketua MPR RI itu, menjelaskan Haul akan didahului pembacaan surat Yassin dan tahlil untuk mendoakan arwah Bung Karno, setelah itu dilanjutkan tausyiah agama oleh Said Aqil.

"Ibu Megawati akan menyampaikan sambutan untuk mewakili keluarga besar Bung Karno," jelasnya.

Tradisi Haul Bung Karno, lanjut Basarah, telah dimulai sejak lama, yakni semasa Orde Baru berkuasa dan selalu dihadiri oleh masyarakat luas, baik kalangan nasionalis, nahdliyin, maupun masyarakat umum lain.

"Apalagi tradisi ziarah kubur sudah menjadi bagian dari praktik Islam Nusantara yang sudah ada sejak zaman dulu. Dan, tradisi ini menjadi bagian dari kepribadian Bangsa Indonesia," katanya.

Tags : Haul Bung Karno , Cak Imin

Berita Terkait