Mendes: Prukades dan BUMDes Bisa Tangkal Ancaman Narkoba

| Kamis, 12/07/2018 21:31 WIB
Mendes: Prukades dan BUMDes Bisa Tangkal Ancaman Narkoba Eko Putro Sandjojo (Menteri Desa PDTT). (Foto: metrotvnews.com)

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengungkapkan, program Prosuk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) bisa menangkal ancaman narkoba.

Berdasarkan survey nasional bahwa prevelensi penyalahgunaan narkoba sebanyak 1,77 persen atau 3,5 juta pengguna pada usia produktif 10-59 tahun. Sehari 30 orang meninggal akibat narkoba.

"Kita gunakan dana desa untuk mendongkrak produk unggulan daerah. Yaitu di sektor-sektor pertanian supaya masyarakat pendapatannya naik dan tidak mencari pendapatan dari hal-hal yang haram (seperti narkoba)," kata Menteri Eko Sandjojo di Balai Besar Rehabilitasi BNN, Lido Bogor, Kamis 12 Juli 2018.

Menurut politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, salah satu upaya yang dilakukan oleh Kemendes PDTT adalah di Provinsi Aceh. Diketahui di Aceh yang masih ada ladang ganja. "Mereka bisa mengalihkan dari menanam ganja ke tanaman lain seperti jagung atau padi," jelasnya.

"Yang baru kita lakukan untuk penanggulangan narkoba saat ini di Aceh saja. Penguatannya dengan Prukades dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)," jelasnya.

Tags : Menteri Eko Sandjojo ,