Kenapa Jokowi Hanya Menyebut Nama Cak Imin?

| Senin, 16/07/2018 15:04 WIB
Kenapa Jokowi Hanya Menyebut Nama Cak Imin? Cak Imin dan Abdul Kadir Karding mendampingi Presiden Joko Widodo saat meninjau venue Asian Games 2018 di Palembang (dok PKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pernyataan Joko Widodo yang menyebut Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai salah satu kandidat calon wakil Presiden yang bakal mendampinginya pada Pilpres 2019 mendatang mengejutkan banyak pihak.

Mayoritas diantaranya tak menyangka Jokowi bakal menyebut nama Cak Imin di depan ratusan orang saat meninjau venue Asian Games 2018 di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan itu.

Padahal terdapat sederet nama Cawapres lain yang digadang-gadang mendampingi Jokowi, namun hanya nama pemegang mandat Cawapres dari Kiai dan Ulama NU itu yang disebut secara tegas dan lugas.

Directur for Presidential Studiea-DECODE Universitas Gadjah Mada (UGM) Nyarwi Ahmad berujar, pernyataan Jokowi tersebut membuktikan bahwa Cak Imin adalah kandidat Cawapres yang meyakinkan dan prioritas.

“Jokowi punya lima cawapres, dan baru Cak Imin yang disebutkan. Kalau Jokowi tidak yakin dengan Cak Imin, mana mungkin disebutkan di awal?” kata Nyarwi dalam rilisnya, Senin 16 Juli 2018.

Nyarwi menuturkan, Cak Imin punya bargaining kuat sebagai pendamping Jokowi karena sejumlah faktor: pertama, Cak Imin merupakan kader asli Nahdlatul Ulama (NU).

Menurut Nyarwi, Jokowi dipastikan akan membutuhkan Ormas terbesar ini untuk meningkatkan elektoralnya untuk memenangkan Pilpres.

“Kedua, Cak Imin representasi Islam moderat di Indonesia. Tentu ini menjadi nilai tambah untuk menjaring pemilih Islam,” lanjut Nyarwi.

Cak Imin katanya lagi, tidak hanya memiliki daya tarik kuat ke kalangan Islam moderat dan tradisional. Namun ia juga kian potensial untuk menggaet pasar politik Islam perkotaan dan milenial.

“Ketiga, Cak Imin juga sosok pemimpin muda NU yang sudah memiliki track records panjang dalam mengawal narasi politik kebangsaan dan ke-Indonesia-an. Kehadirannya (Cak Imin) sebagai Cawapres Jokowi sangat bermanfaat dalam mereduksi gelombang polarisasi politik yg mengancam keutuhan bangsa,” pungkasnya.

Tags : Cak Imin , Jokowi , Cawapres

Berita Terkait