Kemenristekdikti Target 7.300 Jurnal Tahun Depan

| Rabu, 18/07/2018 23:05 WIB
Kemenristekdikti Target 7.300 Jurnal Tahun Depan Logo Kemenristekdikti.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menargetkan 7.300 jurnal terakreditasi di 2019 mendatang. Menurut Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti Muhammad Dimyati, di era revolusi industry 4.0, Indonesia harus meningkatkan kuantitas dan kualitas riset. 

Hasil riset harus dipublikasikan atau dikomunikasikan salah satunya melalui jurnal, khususnya jurnal yang sudah bereputasi.

"Jurnal di Indonesia saat ini jumlahnya 51 ribu lebih. Ditargetkan pada 2019, ada 7.300 yang terakreditasi,” kata Dimyati, seperti dikutip dari jpnn.com, Rabu, 18 Juli 2018.

Dia menjelaskan, Sinta (Science & Technology Index) memiliki 6 grade akreditasi jurnal, mulai Sinta 1 sampai dengan Sinta 6. “Sinta 1 itu merupakan jurnal yang terindeks scopus. Sedangkan Sinta 2 dan seterusnya berupaya untuk meningkatkan perbaikan kualitasnya,” tambahnya.

Dimyati berharap, Sinta dapat menjadi rujukan para peneliti dan dosen di seluruh dunia. Apalagi pemerintah sudah lebih serius dalam mendukung pengelolaan jurnal yang lebih professional, salah satu penandanya dengan dikeluarkannya Permenristekdikti No. 9 Tahun 2018.

Permen tersebut intinya adalah menyatukan pengakreditasi jurnal yang tadinya dua pintu menjadi satu pintu.

"Sesuai arahan Menristekdikti, selain ada insentif bagi pengelola jurnal untuk meningkatkan kualitas jurnalnya menjadi lebih baik, Kemenristekdikti juga selalu menginformasikan kepada pimpinan perguruan tinggi untuk memperhatikan kesejahteraan pengelola jurnal dan juga sarana dan prasarana pendukungnya," ucapnya.

Tags : Kemenristekdikti RI , Jurnal

Berita Terkait