Tingkatkan Kemandirian Desa, Mendes Dorong Wisata Berbasis Kopi

| Kamis, 19/07/2018 20:57 WIB
Tingkatkan Kemandirian Desa, Mendes Dorong Wisata Berbasis Kopi Mendes PDTT Eko Sandjojo saat mengunjungi destinasi wisata di Pacitan (Foto: kemendes)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mendorong desa wisata berbasis kopi melalui festival desa nusantara di Bondowoso Jawa Timur.

"Festival Desa Nusantara ini untuk memperlihatkan kepada masyarakat keberhasilan-keberhasilan apa saja yang dilakukan oleh desa-desa," kata Menteri Eko di Bonodowoso, Jawa Timur, Senin 16 Juli 2018.

Dengan melihat keberhasilan desa-desa di Bondowoso, tentu lanjut Mendes, menjadi motivasi tersendiri bagi desa-desa lain di Indonesia."Bondowoso termasuk penghasil kopi yang besar dan baik. Kita bentuk desa-desa wisata yang berbasis kopi, cafe-cafe, homestay-homestay, wisata petik kopi dan agrowisata," jelas Mendes.

Mendes juga mendorong agar yang dilakukan oleh masyarakat Bondowoso bisa kerjasaman dengan Bank BUMN sehingga para penjual kopi mahir dalam meracik kopi.

"Karena kabupaten Bondowoso ini angka kemiskinannya cukup tinggi, kini telah berhasil menurunkan angka kemiskinan dari 22,23 persen menjadi 14,54 persen, itu termasuk terjadi penurunan yang ratenya tinggi," tukasnya.

Tags : Mendes , Kopi ,