Cak Imin Cawapres Jokowi Paling Ideal Dibanding Mahfud Hingga JK

| Jum'at, 03/08/2018 18:30 WIB
Cak Imin Cawapres Jokowi Paling Ideal Dibanding Mahfud Hingga JK Cak Imin memaparkan materi Sosialisasi 4 Pilar kebangsaan di Ponpes Assulamy Lombok Barat (dok PKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Nama Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin kembali memuncaki hasil survei versi Alvara Research Center sebagai Cawapres Joko Widodo, Jumat 3 Agustus 2018. Hasil ini terekam dalam survei Alvara yang digelar pada 20-28 Juli 2018 dengan melibatkan 1.142 responden di seluruh Indonesia.

Chief Research Officer Alvara Research Center, Harry Nuhroho berujar, Alvara menjaring sebelas nama yang kerap disebut-sebut sebagai Cawapres Jokowi. Hasilnya nama Cak Imin berada di peringkat teratas.

“Elektabilitas Cak Imin mencapai 28,5 persen, posisi kedua dihuni Mahfud MD dengan 27,6 persen,” kata Harry di Jakarta.

Kemudian disusul ditempat ketiga oleh Sri Mulyani (12,1 persen), Susi Pudjiastuti (7,3 persen), dan Muhammad Zainul Majdi alias TGB (5 persen). Kemudian Moeldoko (4,3 persen), Chairul Tanjung (3,7 persen), Airlangga Hartarto (2,2 persen), Romahurmuzy (1,1 persen), Din Syamsuddin (1,1 persen), dan KH Ma`ruf Amin (0,9 persen).

Skema survei lalu dikerucutkan menjadi lima nama. Hasilnya elektabilitas Cak Imin tetap unggul dibanding tokoh-tokoh lainnya dengan 59,6 persen. Mahfud MD di posisi kedua dengan perolehan 55,2 persen, disusul di posisi ketiga oleh Agus Harimurti Yudhoyono dengan 44,1 persen.

“Kemudian di tempat keempat ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 39,8 persen dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan 32,3 persen,” imbuh Harry.

Hasil ini menunjukkan konsistensi Cak Imin yang juga Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa sebagai Cawapres Jokowi yang paling ideal dibanding sejumlah nama mentereng lainnya.

Pemilihan responden dalam survei Alvara kali ini dilakukan secara acak (multistage random sampling) dengan margin of error (tingkat kesalahan) sebesar 2,95 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Tags : Cak Imin , Jokowi , Cawapres , Alvara

Berita Terkait