KH Marzuki: Jumhur Kiai NU Dorong Cak Imin Karena Cinta Jokowi

| Senin, 06/08/2018 18:22 WIB
KH Marzuki: Jumhur Kiai NU Dorong Cak Imin Karena Cinta Jokowi Presiden Joko Widodo menyapa Cak Imin disela pembukaan MTQ Internasional II dan Nasional VIII serta Kongres V JQH NU di Istana Negara (foto: Agus Suparto)

MALANG, RADARBANGSA.COM - Dukungan jumhur ulama dan kiai NU terhadap Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Pilpres 2019 tak main-main. Mereka bulat menginginkan Cak Imin untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) Joko Widodo.

Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar menjelaskan, dipilihnya Cak Imin untuk menjadi cawapres Jokowi karena para kiai mencintai Jokowi. Cak Imin dinilai mampu menopang kekuatan spiritual sekaligus menjembatani Jokowi dengan kalangan Islam.

“Para kiai ingin memastikan bahwa Pak Jokowi ditopang oleh kekuatan Islam, NKRI 100 persen dan dekat dengan ulama,” ujar Kiai Marzuki, Senin 5 Agustus 2018.

Dia mengingatkan, keputusan kiai NU mendukung Cak Imin bukan karena mereka fanatik terhadap Cak Imin. Tapi semata-mata ingin Indonesia tetap utuh dalam bingkai keberagaman dan persatuan.

“Jika Indonesia hanya dipimpin nasionalis, itu tidak tepat. Demikian juga bila Indonesia dipimpin figur Islam yang terlalu kekanan-kanan, itu juga tidak pas,” katanya.

Oleh karena itu, Kiai Marzuki menegaskan jika keputusan itu sudah bersifat final lantaran bermuara dari suara jumhur Kiai dan Ulama. Jika dalam satu atau dua hari ini Jokowi tak memilih Cak Imin sebagai cawapres, para kiai NU akan bersikap.

”Kiai khos dan jumhur ulama NU sangat mungkin mendukung Cak Imin membangun poros baru,” pungkas Pengasuh Pondok Pesantren Sabilur Rosyad, Malang ini.

Tags : Cak Imin , NU , Jokowi