Kemendes PDTT Gelar Festival Perdamaian dan Pranata Adat di Nabire

| Selasa, 07/08/2018 19:50 WIB
Kemendes PDTT Gelar Festival Perdamaian dan Pranata Adat di Nabire Festival Perdamaian dan Pranata Adat (foto: kemendes)

NABIRE, RADARBANGSA.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Daerah Tertentu (Ditjen PDTu) menggelar Festival Perdamaian dan Pranata Adat di kabupaten Nabire, Selasa 7 Agustus 2018.

Dalam keterangannya, Direktur Pengembangan Daerah Pasca Konflik Sugito mengatakan, festival tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang sudah dimulai dari Aceh Singkil dan Maluku Tengah dan daerah lainnya.

“Tiga Kabupaten termasuk Nabire sudah kami laksanakan dari total sebanyak delapan kali di tahun 2018 ini,” ujar Sugito di Nabire.

Sugito berharap festival tersebut dapat membawa manfaat bagi masyarakat terutama dalam semangat kegotong-royongan, semangat untuk perdamaian.

"Agar kita dapat hidup rukun dan damai, serta dapat melestarikan nilai-nilai budaya dan menjadi kohesi antar suku bangsa di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia," harapnya.

Sugito berharap, penciptaan kohesi sosial melalui festival ini sejatinya juga merupakan salah satu cara dalam manajemen dan pengelolaan konflik sebagaimana Undang-undang Nomor 7 Tahun 2012 Tentang Penanganan Konflik Sosial.

Tags : Kemendes PDTT ,