Kiai Said Aqil: Pak Mahfud Belum Pernah Jadi Kader NU

| Kamis, 09/08/2018 07:32 WIB
Kiai Said Aqil: Pak Mahfud Belum Pernah Jadi Kader NU Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siroj membenarkan jika Mahfud MD memang belum pernah mengikuti kaderisasi NU di semua jenjang organisasi, baik Lembaga maupun Badan Otonom NU.

“Pak Mahfudz orang yang belum pernah menjadi kader NU, apa ketua PMII, atau IPNU belum pernah," ujar Kiai Said kepada wartawan di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Rabu 8 Agustus 2018.

Namun Kiai Said mengakui jika eks Ketua Mahkamah Konstitusi itu berasal dari keluarga dan lingkungan berbasis NU kultural.

“Walaupun background keluarganya NU. Secara kultural NU. Tapi belum belum pernah menjadi aktivis NU,” tegas Kiai Said.

Sebelumnya, Ketua PBNU Bidang Hukum, Robikin Emhas juga mengaku tidak pernah tahu Mahfud MD pernah aktif sebagai kader NU di berbagai jenjang kepengurusan.

“Nah misalnya orang menyebut nama pak Mahfud, saya tidak tahu pak Mahfud pernah aktif di pengurus NU di tingkat Desa di tingkat Ranting, atau Kecamatan, atau di Badan Otonomnya NU misalnya PMII misalnya, saya tidak pernah tahu itu,” kata Robikin.

Mahfud belakangan santer diberitakan sebagai salah satu kandidat Cawapres Joko Widodo, meskipun PBNU tidak pernah tahu jenjang kaderisasi ke-NU-an dia selama ini.

Berbeda halnya dengan tiga tokoh lain yang juga digadang-gadang maju sebagai Cawapres, yaitu KH. Ma’ruf Amin, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan juga Romahurmuziy.

Tags : Said Aqil Siroj , PBNU , Mahfud MD

Berita Terkait