Direktur Charta Politika: Ma`ruf Amin, Pilihan Paling Realistis

| Kamis, 09/08/2018 20:36 WIB
Direktur Charta Politika: Ma`ruf Amin, Pilihan Paling Realistis Usai konferensi pers di kantor MUI Pusat, Sukmawati Soekarnoputri mencium tangan Ketua MUI Pusat KH Maruf Amin. (Foto: detikcom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengungkapkan bahwa pilihan Joko Widodo terhadap Kiai Ma`ruf Amin merupakan pilihan yang paling realistis

"Ini pilihan realistis, pertama buat partai ketika melihat Prabowo memilih Sandiaga Uno, yang dua-duanya dianggap tak bisa merepresentasikan kekuatan Islam. Jokowi kemudian mengambil celah itu. Ma`ruf Amin dianggap mewakili celah Islam," kata Yunarto di Jakarta, Kamis 9 Agustus 2018.

Dilansir detikcom, Yunarto menuturkan, dengan dipilihnya Ma`ruf Amin sebagai pendamping Jokowi tentu memiliki simbol umat yang kuat.

"Jadi sekarang yang dianggap memiliki simbol umat yang kuat justru Jokowi. Ini sikap paling realistis," tambahnya.

Menurutnya, Ma`ruf memiliki variabel yang kuat dari sisi simbolik secara harfiah mewakili MUI. "Beliau memang adalah seorang ulama yang dianggap sepuh," tukasnya.

Diketahui, Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan jika dirinya siap maju kembali pada Pilpres 2019 sekaligus mengumumkan Calon Wakil Presiden (Cawapresnya) saat berada di Plataran, Menteng Jakarta.

"Saya memutuskan dan mendapat persetujuan dari parpol, yang akan mendampingi saya sebagai calon wakil presiden (cawapres) adalah Prof DR KH Ma`ruf Amin," kata Jokowi.

Pasangan Jokowi-Ma`ruf Amin akan mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) besok, Jumat 10 Agustus 2018, pukul 09.00 WIB. "Besok jam 09.00 WIB dari Gedung Joang ke KPU bersama ketum, sekjen, dan seluruh relawan," katanya.

Tags : Jokowi , Maruf Amin , JOIN ,