Peduli Lombok, PKB Salurkan Bantuan Rp 100 Juta Lewat LazisNU

| Jum'at, 10/08/2018 17:19 WIB
Peduli Lombok, PKB Salurkan Bantuan Rp 100 Juta Lewat LazisNU Wasekjen DPP PKB, Luluk Nur Hamidah penyerahan bantuan PKB Peduli Lombok kepada lazisNU secara simbolis (foto radarbangsacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Gempa bumi yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), membawa duka bagi bangsa Indonesia. Berbagai elemen warga bergerak menunjukkan kepeduliannya demi meringankan beban para korban, termasuk Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Melalui program PKB Peduli, Wasekjen PKB Luluk Nur Hamidah didampingi Anggota DPR RI Neng eem Marhamah Zulfa dan Abdul Fatah menyerahkan bantuan tahap pertama sebesar Rp 100 juta melalui NUCare-LazisNU untuk korban gempa NTB.

Penyerahan bantuan tahap pertama yang digelar di kantor PBNU, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat itu diterima langsung oleh ketua LazisNU, Ajat Sudrajad. “Saya Ucapkan selamat datang di LazizNU. Kami persilahkan Mbak Luluk menyampaikan maksud dan hal-hal yang disiapkan untuk NU Peduli Lombok,” kata Ajat, Jumat 10 Agustus 2018.

Menurut Luluk, gerakan PKB Peduli Lombok diinisiasi oleh Ketua Umum PKB, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Cak Imin, kata Luluk, merasa tergerak setelah mengetahui informasi bencana gempa bumi dengan skala cukup besar menerjang Lombok beberapa waktu yang lalu.

“Kami hadir disini sebagai salah satu bentuk semangat solidaritas bagi saudara-saudara kami di Lombok. Kami tergerak untuk melakukan satu panggilan kemanusiaan yang itu sebenarnya diserukan oleh pimpinan kami, Cak Imin,” kata Luluk.

Luluk juga menyatakan antusiasme kader-kader PKB dan masyarakat umum sejak program PKB Peduli diluncurkan sangat besar. Hanya dalam waktu tiga jam, lanjut Luluk, sudah terkumpul Rp 223 juta.

“Alhamdulillah solidaritas itu yang kita bangun dalam waktu yang singkat, lebih kurang 3-4 jam waktu itu sudah terkumpul hampir 223 juta, dan alhamdulillah hari ini sudah terkumpul Rp 359 juta,” terangnya.

Ajat menyambut baik kepedulian PKB dan berterimakasih atas kepercayaannya kepada LazisNU. Menurutnya, LazisNU melibatkan langsung setiap lembaga atau organisasi dalam proses penyaluran bantuan ke Lombok dan membaginya dalam tiga fase.

Fase pertama dimotori langsung oleh sejumlah Badan Otonom dan Lembaga di bawah naungan PBNU, diantaranya LPBINU, IPNU, IPPNU, Banser, PBNU, LKNU. Fase kedua akan diterjunkan bantuan dari Maarif, RMI, LPPNU, dan dari LazisNU.

“Sedangkan fase ketiga ini dilakukan sebagai kelanjutan supaya stok kebutuhan umat betul-betul terjaga dan terfasilitasi. PBNU juga membuat Satgas Nasional, bahwa setiap ada bencana kita bareng duduk dan mengedepankan NU peduli, supaya jamaah kita terus kita kawal dan terus bertambah,” pungkas Ajat.

Tags : PKB Peduli , Gempa Lombok , Cak Imin