Dua Pasangan Capres-Cawapres Dinyatakan Lolos Tes Kesehatan

| Selasa, 14/08/2018 22:22 WIB
Dua Pasangan Capres-Cawapres Dinyatakan Lolos Tes Kesehatan KPU RI menerima hasil tes kesehatan pasangan Capres dan Cawapres peserta Pilpres 2019. (Foto: medcom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menerima hasil tes kesehatan bakal Capres-Cawapres yang akan mengikuti Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang dari RSPAD Gatot Subroto dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Hasil pemeriksaan kesehatan, kedua pasangan bakal Capres Cawapres Joko Widodo-Ma`ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dinyatakan telah memenuhi syarat sebagai peserta Pilpres 2019. 

"Pada bakal Capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto saat ini tidak ditemukan ketidakmampuan dalam bidang rohani dan jasmani sebagai Presiden. Bagi bakal Cawapres KH. Ma`ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno tidak ditemukan ketidakmampuan untuk menjalankan tugas sebagai Cawapres," kata Ketua Umum KPU RI Arief Budiman di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa, 14 Agustus 2018.

Selain itu, KPU RI juga melakukan pengecekan terkait bebas Narkoba. Lalu, dinyatakan mereka bebas dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

"Tidak ditemukan penyalahgunaan Narkoba, Psikotropika dan Zat adiktif lainnya. Dalam bahasa umumnya bakal Capres-Cawapres memenuhi syarat," jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Ilham Oetama Marsis mengatakan, pihaknya terasa lega setelah menyelesaikan tugas yang diberikan oleh KPU RI. "Malam ini kami rasanya sudah lega, karena bebannya itu telah dapat kita selesaikan dan tentunya pada malam ini kami serahkan hasil pemeriksaan rohani dan jasmani," ujarnya. 

Tags : KPU RI , Capres dan Cawapres , Tes Kesehatan , Pilpres 2019