Jokowi Gandeng Ma’ruf, Karding: Stop Saling Serang Atas Nama Agama

| Rabu, 15/08/2018 22:25 WIB
Jokowi Gandeng Ma’ruf, Karding: Stop Saling Serang Atas Nama Agama Sekjen PKB, Abdul Kadir Karding (coutesy of Kompas TV)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding menegaskan dukungan dan apresiasi terhadap keputusan Joko Widodo menggandeng KH Ma’ruf Amin sebagai Cawapres pada Pilpres 2019 mendatang.

Menurut Karding, keputusan tersebut memiliki dampak yang sangat positif bagi peta politik Indonesia yang belakangan kerap dihantui politik simbolik, SARA dan juga mengatasnamakan agama.

“Kebijakan kita (dengan mendukung Kiai Ma’ruf) justru ingin mengajak masyarakat karena sudah capek dengan narasi-narasi simbolik atas nama agama, menyerang-menyerang kita sudah capek,” ungkap Karding saat menjadi narasumber Satu Meja The Forum Kompas TV, Rabu 15 Agustus 2018.

Karding menegaskan jika Kiai Ma’ruf adalah sosok ideal untuk mendampingi Jokowi. Dia bisa diterima oleh banyak pihak termasuk partai politik dan ormas, serta umat Islam. Sehingga gejolak politik berbau SARA dan dipenuhi kebencian berbasis agama seperti dapat dihentikan.

Sebelumnya, Jokowi memutuskan Ma`ruf Amin sebagai calon wakil presiden pendampingnya dalam Pilpres 2019. Menurut Jokowi, Kiai Ma`ruf adalah tokoh agama yang bijaksana. Jokowi kemudian menyebut berbagai jabatan yang pernah diemban Kiai Ma’ruf.

Kiai Ma`ruf pernah menjadi anggota legislatif DPRD, DPR, MPR, anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Rais `Aam PBNU hingga sekarang menjabat Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia.

Dalam kaitannya dengan Kebhinekaan, kata Jokowi, Kiai Ma’ruf menjabat anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Tags : Abdul Kadir Karding , Jokowi , Maruf Amin

Berita Terkait