Cak Imin Sarungan Rayakan HUT RI 73 di Bantul, Begini Pesannya

| Jum'at, 17/08/2018 08:57 WIB
Cak Imin Sarungan Rayakan HUT RI 73 di Bantul, Begini Pesannya Cak Imin menjadi inspektur upacara dalam rangka HUT RI ke 73 di MIN I Bantul (dok PKB)

BANTUL, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua MPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 73 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) I, Jejeran, Bantul, DI Yogyakarta.

Perayaan ini terbilang unik lantaran diikuti oleh ratusan siswa dengan mengenakan atribut khas santri, yaitu berbaju putih, celana putih lengkap dengan kopiah hitam dengan selempang bendera merah putih.

Sedangkan Cak Imin hadir sebagai Inpektur Upacara juga dengan busana khas santri, sarungan, baju putih dan juga kopiah hitam serta syal batik dilengkapi pin bendera merah putih, pun demikian para guru.

Perayaan tersebut dikatakan Cak Imin adalah upaya dirinya sebagai pimpinan MPR RI membudayakan upacara HUT RI tidak hanya dilakukan di kota-kota besar, melainkan di seluruh pelosok negeri.

“Merayakan Agustusan lebih baik di daerah. Itu kita tradisikan. Saya sudah minta ijin ke Pak Presiden untuk tidak ikut upacara di Istana dan setiap tanggal 17 (Agustus) kita memilih di daerah,” kata Cak Imin di lokasi acara, Jumat 17 Agustus 2018.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, semangat merayakan HUT RI harus bergema di seantero negeri, terlebih dengan melibatkan generasi muda penerus bangsa.

“Saya sebagai Wakil Ketua MPR mendorong pelaksanaan upacara (HUT RI) di daerah, karena kalau di Jakarta pasti sudah banyak,” tegas Cak Imin.

Cak Imin juga mengaku bangga jika semangat nasionalisme juga tumbuh dan berkembang di tiap diri siswa dan pengajar MIN I Bantul tersebut.

“Upacara hari ini memberikan warna baru bagi saya bahwa di Madrasah ini dan di lingkungan santri ini ternyata terdoktrin semangat nasionalisme yang tangguh, teruji, NKRI harga mati,” pungkas Cak Imin.

Tags : Cak Imin , #RI73 , Santri