Indonesia-Filipina Eratkan Kerja Sama Ekonomi

| Kamis, 23/08/2018 20:03 WIB
Indonesia-Filipina Eratkan Kerja Sama Ekonomi Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri RI).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menyatakan Indonesia dan Filipina siap sambut 70 tahun hubungan Diplomatik dengan kerja sama bilateral yang lebih erat khususnya Ekonomi dan lebih terasa bagi masyarakat kedua negara. 

“Peningkatan konektivitas ini akan membuka pintu perdagangan dan akan mendorong meningkatnya aktivitas bisnis kedua negara, khususnya masyarakat lokal," ujar Menlu Retno dilansir kemlugoid, Senin 20 Agustus 2018.

Retno menjelaskan bahwa Indonesia juga menyambut baik tawaran Pemerintah Filipina untuk mempererat kerja sama ekonomi bagi pengembangan kawasan di Filipina selatan, khususnya dengan meningkatnya stabilitas di kawasan tersebut dengan disahkannya Bangsamoro Organic Law (BOL) oleh Parlemen Filipina pada bulan Juli 2018.

“BOL adalah langkah bersejarah dalam proses perdamaian di Filipina dan Indonesia berkomitmen untuk pererat kerja sama ekonomi dalam meningkatkan kesejahteraan dan stabilitas di kawasan tersebut," kata Menlu RI.

Indonesia dan Filipina juga sepakat untuk segera menyelesaikan proses ratifikasi perjanjian deliminasi batas Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) kedua negara. “Penyelesaian perbatasan ini akan semakin mempererat hubungan Indonesia dan Filipina," Menlu Retno.

Tags : Indonesia , Filipina , Ekonomi ,