Resmikan Peluncuran Produk Inovasi 4.0 BMKG, ini Pesan JK!

| Kamis, 30/08/2018 17:25 WIB
Resmikan Peluncuran Produk Inovasi 4.0 BMKG, ini Pesan JK! Logo BMKG. (Foto: elshintacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla (JK) meresmikan peluncuran produk inovasi 4.0 Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Produk yang diluncurkan tersebut diantaranya InaTEWS, InfoBMKG, dan GeoHotspot 4.0.

JK mengatakan dalam sambutannya agar BMKG lebih cepat dalam menyampaikan informasi kepada publik maupun instansi penanganan bencana, terkait potensi dini bencana yang akan terjadi di suatu wilayah.

"Kita bisa mendeteksi (bencana) 3 menit, tetapi masalahnya juga harus menyiarkan dalam waktu tiga menit itu. Kalau siang gampang lewat TV (media). Akan tetapi kalau malam susah," kata JK di gedung BMKG, Jakarta, Kamis, 30 Agustus 2018.

Menurut Wapres, 3 menit pertama itu merupakan waktu yang paling penting bagi masyarakat untuk mempersiapkan diri melakukan penyelamatan diri dan evakuasi. BMKG, lanjutnya, bisa memanfaatkan waktu ini untuk menyelamatkan banyak orang dengan memberi informasi penting.

"(Waktu) 3 menit itu golden minute selamatkan ratusan ribuan orang. BMKG, tentu saya baru lihat kantornya megah ini, punya tanggung jawab besar. Kita bukan hanya bicara (soal) hutan, penerbangan juga perlu prakiraan cuaca. Pelaut, Petani, untuk publik juga kapan kita kawin, menyelenggarakan pesta," jelasnya. 

Tags : Wapres RI , BMKG , Produk Inovasi 4.0 , Potensi Bencana