Selamat, Kesultanan Ternate Sematkan Gelar `Kapita Ngofa Ngare` Kepada Menpora RI

| Minggu, 09/09/2018 19:26 WIB
Selamat, Kesultanan Ternate Sematkan Gelar `Kapita Ngofa Ngare` Kepada Menpora RI Menpora Imam Nahrawi menerima gelar adat dari Kesultanan Ternate, Minggu (9/9). (Foto: Instagram)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kesultanan Ternate menyematkan gelar `Kapita Ngofa Ngare` atau Pemimpin Pemuda kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi di Kedaton, Kesultanan Ternate, Minggu, 9 September 2018. Dalam sambutannya, Menpora bertekad akan melaksanakan pesan dari masyarakt adat Ternate untuk mempersiapkan generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa.

"Saya Kapita Imam Nahrawi baru saja mendapatkan amanah dan tanggung jawab yang harus saya laksanakan untuk merajut kebangsaan kita khususnya kepada generasi muda calon-calon pemimpin masa depan, para pemuda di seluruh tanah air," kata Imam setelah menerima gelar adat Kesultanan Ternate.

Menpora menegaskan, masa depan bangsa Indonesia berada di tangan anak-anak muda yang berbeda latar belakang. "Ditangan mereka yang berbeda-beda itu, masa depan Indonesia akan kuat dan kami akan terus menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujarnya.

Gelar adat ternate yang diterima Menpora merupakan hasil musyawarah adat kesultanan Ternate dengan harapan dapat menjembatani dan merangkul unsur kepemudaan sebagai generasi penrus dan menjaga serta melestarikan adat istiadat Kesultanan Ternate demi keutuhan NKRI. Selain itu, upacara pemberian gelar adat tersebut merupakan kegiatan yang mengawali pawai obor Asian Para Games 2018 yang dimulai dari Kedaton Kesultanan Ternate setelah lentera api di semayamkan pada Sabtu, 8 September 2018. 

Tags : Menpora RI , Gelar Adat , Kesultanan Ternate , Asian Para Games 2018

Berita Terkait