Sambut 10 Muharram 1440 H, DPP PKB Santuni Ratusan Yatim Piatu

| Kamis, 20/09/2018 15:58 WIB
Sambut 10 Muharram 1440 H, DPP PKB Santuni Ratusan Yatim Piatu Suasana yatiman yang digelar DPP PKB dalam rangka menyambut 10 Muharram 1440 hijriah (dok PKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Memperingati 10 Muharram 1440 Hijriah, DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar acara santunan untuk 250 anak yatim-piatu yang berasal dari wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, Kamis 20 September 2018.

Wakil Bendahara Umum DPP PKB, Bambang Susanto mengatakan, santunan yatim piatu tersebut sengaja digelar lantaran Muharram adalah bulan tarbiyah, bulan sakral.

“Muharram menjadi mulia dan membumi di Nusantara. Banyak sekali tradisi dan budaya masyarakat kita dalam rangka menyambut Muharram,” ujar Bambang di DPP PKB, Jakarta Pusat.

Selain mencari keberkahan untuk kemajuan PKB, santunan yatim piatu tersebut dilaksanakan dalam rangka “ngurip-nguripi” budaya Islam-Nusantara agar tidak luntur dan ditinggalkan generasi muda.

Bambang menuturkan, Nabi Muhammad telah memberi teladan dan mengajarkan untuk saling membantu antar sesama, terutama kepada kaum mustad’afin dan yatim piatu saat bulan Muharram.

“Siapa yang mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim di hari Asyura (tanggal 10 Muharram), maka Allah akan mengangkat derajatnya, dengan setiap helai rambut yang diusap satu derajat. Itu menjadi dasar kami melaksanakan santunan yatim piatu dan fakir miskin tiap 10 Asyura,” bebernya.

Atas keutamaan menyantuni anak yatim tersebut, Bambang berharap, PKB dalam mengarungi perjuangannya selalu mendapat kelancaran, keberkahan dan kesuksesan dalam menjalankan nilai-nilai perjuangan PKB, untuk menciptakan masyarakat yang maju, mandiri, sejahtera dalam bingkai rahmatan lil alamin.

“Kita juga mendoakan agar Ketua Umum kita, bapak Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, senantiasa sehat wal afiat, sukses memimpin PKB dalam naungan izin dan ridho Allah SWT,” tukas Bambang.

Sebelum santunan tersebut digelar, ratusan yatim piatu ini terlebih dulu melakukan salat Asar berjamaah. Selepas salat, mereka khusuk melantunkan zikir dan doa. Acara lalu dilanjutkan dengan pembacaan salawat yang dipandu oleh sebuah grup rebana.

Selain di DPP PKB, acara serupa juga digelar secara serentak di sejumlah DPW dan DPC PKB se Indonesia. Menurut Bambang, kegiatan semacam itu telah sejak lama dilakukan PKB.

Tags : PKB , Yatim , Piatu , Muharram