Dua Kubu Pilpres Minta Pemerintah Pulangkan Habib Rizieq

| Sabtu, 22/09/2018 20:05 WIB
Dua Kubu Pilpres Minta Pemerintah Pulangkan Habib Rizieq Habib Rizieq Shihab (Imam Besar FPI). (Foto: aktualcom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pernyataan rencana kepulangan Habib Rizieq Shihab yang disampaikan Habib Haikal di Indonesia Lawyer Club (ILC) disebut ada usaha penghalangan mendapat respons dari kedua kubu tim pasangan Pilpres. Selaku tim pendukung pasangan Joko Widodo-KH. Ma`ruf Amin, Farhat Abbas yang juga hadir dalam acara tersebut mengatakan jika tidak ada masalah lain maka Habib Rizieq diperbolehkan pulang.

"Jika tidak ada masalah yang dipeributkan maka bisa Habib Rizieq pulang," ujar Farhat Abbas di Restoran Al Jazeera, Jakarta,

Sabtu, 22 September 2018.

Farhat mengungkapkan, dirinya yakin pemerintah justru menginginkan Habib Rizieq pulang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) diyakininya tidak ikut campur dalam kasus penegakan hukum.

Selain itu, dia juga melihat kepulangan Habib Rizieq ini bukan sebagai ajang politik 2019, tapi untuk membuat kepastian hukum yang dilakukan pemerintah.

"Justru jika tidak pulang maka tidak ada kepastian hukum. Saya ingin masyarakat akan melihat bagaimana Habib Rizieq dapat aman pulang dan jika tidak ada masalah yang menjeratnya maka dipastikan aman berada di Indonesia," tegasnya.

Sementara itu, tim kampanye Prabowo-Sandiaga, Lius Sungkharisma meminta pemerintah untuk mengusut kebenaran siapa yang melarang kedatangan Habib Rizieq Shihab ke Indonesia. Dirinya pun mengapresiasi langkah persatuan untuk memulangkan imam besar Front Pembela Islam (FPI) tersebut.

"Pencekalan tidak boleh dilakukan dan biarkan Habib Rizieq pulang. Ini terlepas dari Pilpres 2019 tapi ini untuk persatuan umat. Gak ada alasan isu agama dikembangkan pada Pilpres, karena pak Jokowi juga menggandeng Kiai Ma`ruf Amin yang mengeluarkan fatwa kepada Ahok," kata Lius.

Dia juga menilai, walaupun beda pilihan, sejatinya Pilpres 2019 jika sanggup memulangkan Habjb Rizieq maka bisa akan mendapatkan apresiasi dimata internasional bahwa iklim demokrasi Indonesia berjalan baik.

"Akan berlaku baik bahwa Pilpres kali ini isu agama tidak dikembangkan jika pemerintah berhasil memulangkan Habib Rizieq dan akan diakui bahwa demokrasi Indonesia berjalan dengan baik dan matang," pungkasnya. (Prio)

Tags : Habib Rizieq Shihab , Farhat Abbas , Pilpres 2019

Berita Terkait