Peduli Hak Pilih Penyandang Disabilitas, Nihayatul Wafiroh Gelar Sosialisasi

| Selasa, 25/09/2018 11:14 WIB
Peduli Hak Pilih Penyandang Disabilitas, Nihayatul Wafiroh Gelar Sosialisasi Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Nihayatul Wafiroh memaparkan materi sosialisasi UU Pemilu di depan ratusan penyandang disabilitas di Situbondo (dok @ninikwafiroh)

SITUBONDO, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Nihayatul Wafiroh ingin memastikan hak yang sama diantara sesama pemilih pada Pemilu 2019 mendatang, termasuk pada mereka yang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas.

Legislator yang membidangi kepemiluan ini bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu berupaya meningkatkan partisipasi pemilih dengan melakukan sosialisasi UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu untuk meningkatkan partipasi mereka.

"Sosialisasi ini agar para penyandang disabilitas bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu nanti. Satu suara mereka (difabel) sama saja nilainya dengan suara kita,” kata Nihayah di Aula RM Churien, Pasir Putih, Situbondo, Senin 24 September 2018.

Wasekjen DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini berharap persentase kehadiran pemilih dari para penyandang disabilitas bisa meningkat sehingga jumlah keikutsertaan pemilih pada Pemilu 2019 juga ikut meningkat.

Pengalaman sebelumnya, tingkat partisipasi para penyandang disablitas relatif cukup stabil. Dan itu juga menjadi harapannya sekaligus target KPU pada Pileg dengan Pilpres 2019.

"Harapan kita partisipasi mereka di Pilpres dan Pileg 2019 nanti meningkat dan semuanya perlu partisipasi kawan-kawan dari perkumpulan disabilitas Indonesia," ujarnya.

Peraih penghargaan legislator terbaik versi Panggung Indonesia itu menilai, espektasi keterlibatan masyarakat dari semua unsur pada Pemilu dan Pileg 2019 harus lebih baik dari pada ajang pesta demokrasi sebelumnya.

“Semuanya yang sudah memiliki hak pilih dan terdaftar di daftar pemilih itu bisa menggunakan hak pilihnya untuk menentukan pilihannya pada Pemilu nanti. Saya harap masyarakat tidak canggung, tetapi aktif menyalurkan hak suaranya," ucap Nihayah.

Di hari yang sama, pemilik nomor urut 1 Caleg DPR RI dari Dapil Jawa Timur III ini juga menggelar sosialisasi serupa dengan komunitas muda dan pegiat sosial di Hotel Rosali, Situbondo.

Lalu hari ini, Selasa 25 September 2018, Nihayah melanjutkan kegiatan serupa bersama masyarakat bertempat di Hotel Ketapang Indah Banyuwangi dan Hotel Surya Jajag Banyuwangi.

Tags : Nihayatul Wafiroh , Disabilitas , Pemilu

Berita Terkait