Habib Rizieq Dicegah ke Malaysia, FPI Mengadu ke DPR

| Selasa, 25/09/2018 21:17 WIB
Habib Rizieq Dicegah ke Malaysia, FPI Mengadu ke DPR Habib Rizieq Shihab (Imam Besar FPI). (Foto: aktualcom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ormas Front Pembela Islam (FPI) dan GNPF-Ulama menemui Wakil ketua DPR RI Fadli Zon untuk berkonsultasi terkait intimidasi yang dituding dilakukan oleh petugas Imigrasi Arab Saudi terhadap Imam besar FPI Habib Rizieq Syihab. Pertemua digelar di ruang rapat pimpinan DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 25 September 2018.

Perwakilan FPI yang hadir diantaranya ada juru bicara FPI Munarman dan tim advokasi GNPF-Ulama Nasrulloh Nasution. Kepada Wakil ketua DPR, Nastrulloh menjelaskan bentuk diskriminasi itu terjadi ketika Rizieq hendak mengurus visa untuk terbang ke Malaysia.

Dia menyebut, alasan Rizieq ke Malaysia untuk menyelesaikan disertasinya setelah Juli 2018. Ketika itu Rizieq dilarang pergi ke Malaysia tanpa alasan yang jelas.

"Habib Rizieq ke Malaysia hendak menemui promotor doktoral guna menyelesaikan disertasinya. Perlakuan ini saya kira sebagai bentuk pencekalan dan diskriminasi yang harusnya tidak terjadi," jelas Nasrulloh seperti dikutip dari detik.com, Selasa, 25 September 2018.

NAsrulloh juga menyampaikan bahwa selama menetap di Arab, Habib Rizieq selalu menaati peraturan yang berlaku di sana. "Perlakuan diskriminatif dan intimidatif tersebut seharusnya tidak dialami oleh WNI di luar negeri. Sebab, WNI di luar negeri juga diberikan jaminan perlindungan hukum tanpa terkecuali," tuturnya.

Sementara itu, menanggapi pengaduan yang diterima pimpinan DPR, Fadli mengatakan DPR akan menindaklanjuti laporan yang diajukan FPI ini. Dia menjelaskan, tidak hanya Habib Rizieq, Pemerintah juga wajib hadir membantu seluruh WNI ketika mengalami ketidakadilan.

"Laporan akan kami terima dan kami akan teruskan sesuai mekanisme di DPR. Nanti juga kita sampaikan ke komisi terkait, dalam hal ini Komisi III dan I, kebetulan dibawah koordinasi saya," kata Fadli. 

Tags : Habib Rizieq Syihab , FPI , GNPF Ulama , DPR RI

Berita Terkait