Kerapu Gelar Aksi Sosial Bersih-Bersih Situ Tujuh Muara

| Minggu, 30/09/2018 19:34 WIB
Kerapu Gelar Aksi Sosial Bersih-Bersih Situ Tujuh Muara Ketua Umum DPP Kerapu, Abdul Kadir Karding bersama ratusan anggota Kerapu Jabodetabek menebar ribuan benih ikan air tawar di Situ Tujuh Muara Tangsel (dok @Kadir_Karding)

TANGSEL, RADARBANGSA.COM - Keluarga Alumni Perikanan Undip (Kerapu) Wilayah Jabodetabek menggelar bersih-bersih di lingkungan Situ Tujuh Muara Tangerang Selatan dan Penyebaran 200 ribu bibit ikan nilem dan 50 ribu ikan emas, Minggu 30 September 2018.

Sebelumnya, Kerapu Jabodetabek juga menggelar kegiatan serupa, yaitu restoking kepiting dan tanam mangrove di pesisir Desa Patramanggala, Kecamatan Kemeri, Kabupaten Tangerang.

Ketua DPP Kerapu yang juga Wakil Ketua TKN Jokowi Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding nampak hadir dalam kegiatan tersebut. Menurut Karding, acara ini digelar masih dalam rangka rangkain Dies Natalis Perikanan UNDIP ke 50 th puncak acaranya Reuni Akbar tanggal 13 Oktober 2018.

“Gerakan ini adalah wujud kepedulian Kerapu Jabodetabek terhadap kondisi Situ yang terus memburuk akibat sampah dan limbah. Pembangunan yang kadang tidak ramah lingkungan menjadikan Situ kurang mendapat perhatian,” kata Karding di lokasi acara.

Padahal, lanjut peraih penghargaan Tokoh Inspiratif versi Jawa Pos Radar Kedu 2015 ini, mestinya Situ mendapat perhatian karena banyak manfaat tidak hanya untuk kesimbangan lingkungan tetapi juga bisa dikembangkan sebagai pariwisata.

“Apalagi Situ Tujuh Muara ini saya lihat ada potensi bagus untuk dikembangkan sebagai wisata,” ungkapnya.

Acara tersebut juga dirangkai dengan pra launching Buku gagasan Alumni perikanan UNDIP “Membangun Indonesia dengan Intisari Perikanan” yang diterbitkan oleh KERAPU Pers. Tim penyusun lalu menyerahkan buku tersebut kepada Karding.

“Saya akan menindaklanjuti ini dengan membentuk tim khusus untuk terus aktif mengkaji dan mengumpulkan gagasan-gagasan tentang perikanan khususnya dari para Alumni Perikanan UNDIP,” pungkas Karding.

Selain Karding, turut hadir ratusan anggota Kerapu Jabodetabek, Dinas Perikanan Tangerang Selatan, Lurah Pondok Benda, kelompok pengelola Situ Tujuh Muara dan masyarakat umum.

Tags : Abdul Kadir Karding , Kerapu , Lingkungan

Berita Terkait