Cak Imin: Alhamdulillah Banyak Ulama Dukung Kiai Ma`ruf

| Senin, 08/10/2018 19:40 WIB
Cak Imin: Alhamdulillah Banyak Ulama Dukung Kiai Ma`ruf Cawapres KH Maruf Amin didampingi Cak Imin dan Gus Halim menghadiri launching nomor Capres dan Cawapres yang diusung PKB di Surabaya (dok PKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin memaklumi langkah pasangan capres cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang melakukan safari ke Pondok Pesantren (Ponpes). Dewan Penasehat Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH. Ma`ruf Amin itu menilai Ponpes merupakan salah satu lumbung suara.

Namun, Cak Imin mengaku tidak ada kekhawatiran atas kunjungan pasangan nomor urut 02 tersebut. Panglima Santri Nusantara itu mengungkapkan bahwa di lingkungan Ponpes biasanya diutamakan mayoritas pendapat ulama atau lebih dikenal dengan istilah jumhur.

"Ulama itu biasanya punya satu pola pikir dan sikap yaitu jumhur ulama, artinya mengikuti pendapat sebagian ulama masyhur atau yang punya kredibilitas, terkenal atau yang punya jumlah pendukung banyak," ujarnya di Kompleks MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin, 8 Oktober 2018.

Cak Imin juga menegaskan bahwa jumhur ulama banyak mendukung Kiai Ma`ruf, khususnya di seluruh Jawa. "Jumhur ulama ini, alhamdulillah banyak pendukung Kiai Ma`ruf yang ada di seluruh Jawa," jelasnya.

Selain itu, Cak Imin juga memandang sosok Kiai Ma`ruf telah diterima oleh para ulama. Menurutnya, Kiai ma`ruf dinilai akan menjadi jembatan penghubung antara ulama dengan pemerintah.

"Saya kemarin ke Kalimantan Selatan bertemu ulama-ulama se Kalsel. Mereka semakin menyadari kalau Kiai Ma`ruf adalah jembatan emas menuju pola hubungan Pemerintah dengan pesantren, pemerintah dengan ulama," tuturnya.

Sebelumnya, Prabowo melakukan safari ke ponpes pada Minggu, 7 Oktober 2018. Dia mengunjungi Ponpes Al Qur`an KH Abdullah Syafi`ie (As-Syafi`iyah) Pulo Air, Sukabumi, Jawa Barat. Beberapa waktu lalu, pasangan capres cawapres nomor urut 02 itu juga mengunjungi sejumlah Ponpes di Jawa Timur dan Jawa Tengah. 

Tags : Cak Imin , Jumhur Ulama , KH Maruf Amin , Ponpes

Berita Terkait