Bank ADB Tawarkan Bantuan Gempa 1 Miliar Dolar AS

| Jum'at, 12/10/2018 21:43 WIB
Bank ADB Tawarkan Bantuan Gempa 1 Miliar Dolar AS Lokasi gempa Donggala, Sulteng

BALI, RADARBANGSA.COM - Di sela-sela pertemuan IMF-World Bank, Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Presiden Asian Development Bank (ADB) Takehiko Nakao di Nusa Dua, Bali, Jumat 12 Oktober 2018.

Dalam kesempatan itu, Presiden Asian Development Bank (ADB) Takehiko Nakao menyampaikan belasungkawa terhadap bencana gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Saya mengawali ucapan duka cita saya yang mendalam atas bencana yang terjadi di Sulteng," kata Takehiko Nakao.

Presiden ADB Takehiko Nakao menawarkan bantuan tanggap darurat senilai hingga 1 miliar dolar Amerika Serikat untuk membantu penanganan paska gempa Sulteng.

Sebelumnya, Wapres Jusuf Kalla mengapresiasi semua pihak termasuk pihak luar yang telah membantu penanganan bencana di Palu, Donggala, Sigi dan daerah lainnya di Sulawesi Tengah.

Menurut Wapres, evakuasi terus dilanjutkan hingga 26 Oktober 2018 yang selanjutknya akan dilakukan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi sehingga Sulteng kembali sedia kala.

"Masa tanggap darurat bencana ini akan segera dilanjutkan dengan tahan rehabilitiasi, banyak pihak yang harus berperan terutama pemerintah daerah," kata Wapres Jusuf Kalla.

Tags : Gempa , Presiden , Donggala ,