Presiden Beberkan Makna Pidato "Game of Thrones"

| Senin, 15/10/2018 21:55 WIB
Presiden Beberkan Makna Pidato "Game of Thrones" Presiden Jokowi (foto: setkab)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan penjelasan mengenai makna pidatonya tentang serial Game of Thrones, yang disampaikannya pada pembukaan IMF World Bank Annual Meetings, di Bali Jumat lalu, kepada mahasiswa dan civitas akademika Universitas Kristen Indonesia (UKI).

"Pesan moral utama yang ingin saya sampaikan saat itu adalah bahwa konfrontasi dan perselisihan akan mengakibatkan penderitaan, bukan hanya bagi yang kalah namun juga bagi yang menang," kata Presiden Jokowi, Jakarta, Senin 15 Oktober 2018.

Menurut Presiden perhelatan ekonomi dan politik dunia saat ini diwarnai oleh pertarungan antar kekuatan-kekuatan besar, antar negara-negara besar dan negara-negara elit.

"Satu negara elit tengah berjaya, sementara negara lain mengalami kemunduran dan kehancuran," kata Presiden.

Presiden menuturkan bahwa tatkala para kekuatan-kekuatan besar tersebut sibuk bertarung satu sama lain mereka tidak sadar adanya ancaman yang lebih besar, misalnya perubahan iklim, terorisme global, dan menurunnya ekonomi global.

“Kalau sadarnya baru belakangan, bahwa kemenangan maupun kekalahan dalam perang selalu hasilnya sama yaitu dunia yang porak-poranda,” ucap Presiden.

Tags : Jokowi , Maruf Amin , Pilpres 2019