Jokowi Apresiasi Fasilitas Stadion GBK yang Ramah Penyandang Disabilitas

| Selasa, 16/10/2018 14:51 WIB
Jokowi Apresiasi Fasilitas Stadion GBK yang Ramah Penyandang Disabilitas Presiden RI Joko Widodo meninjau fasilitas umum untuk penyandang disabilitas di Stadion GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (16/10). (Foto: tandaeruid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau fasilitas umum bagi penyandang disabilitas di stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Oktober 2018. Jokowi mengaku cukup puas dengan ketersediaan fasilitas yang tersedia meskipun masih ada kekurangan.

"Ya ini tadi kita ingin melihat fasilitas untuk kaum difabel terutama yang berkaitan dengan fasilitas yang ada di Senayan. Baik toiletnya, baik untuk mushalanya, trotoarnya, baik fasilitas untuk menuju ke penonton. Saya kira 80 persen sudah baik," kata Presiden usai melakukan peninjauan.

Meskipun masih ada yang kurang, Jokowi menyebut bisa segera diperbaiki dan dilengkapi lagi. ia mencontohkan fasilitas yang masih kurang diantaranya wastafel di toilet untuk penyandang disabilitas yang masih terlalu tinggi.

"Apalagi tadi, ininya, pintunya harusnya sliding yang dorong tadi. Saya kira itu. Nanti saya juga akan membicarakan kewirausahaan. Saya kira itu," tutur Jokowi.

Presiden berharap agar fasilitas umum untuk penyandang disabilitas bisa ada di seluruh Provinsi di Indonesia. Jokowi pun berjanji pemerintah pusat akan mendorong pemerintah daerah untuk menyediakan fasilitas ini.

"Nah ini kita ingin mendorong agar semua provinsi, semua kota, semua kabupaten itu juga ramah terhadap disabilitas. Ini yang ke depannya yang ingin kita dorong," pungkas Jokowi.

Diketahui, Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Jokowi juga memastika pemerintah akan mendorong agar semua fasilitas publik ramah terhadap disabilitas. 

Tags : Jokowi , Stadion GBK , Disabilitas , Fasilitas Umum