Tanggap Darurat Bencana, Mendes Minta Dana Desa Dimanfaatkan

| Kamis, 18/10/2018 16:10 WIB
Tanggap Darurat Bencana, Mendes Minta Dana Desa Dimanfaatkan Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo. (Foto: sindonewscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus melakukan tanggap darurat atas bencana yang melanda desa-desa baik di Nusa Tenggara Barat (NTB) maupun Sulawesi Tengah.

"Tanggap darurat masih kita lakukan, kita lakukan sesuai dengan kebutuhan mereka, kita menyediakan untuk kebutuhan sehari-hari," kata Mendes PDTT, Eko Sandjojo di Jakarta, Selasa 16 Oktober 2018.

Menteri Eko Sandjojo menjelasakan bahwa terkait rahabilitasi dan rekontruksi, pemerintah secara bersama-sama melakukan segalam macam upaya sehingga daerah yang terkena bencana bisa pulih kembali.

Eko berharap dana desa dari Kementerian Desa PDTT yang ada di desa-desa bisa dimanfaatkan terutama di desa-desa yang ada di NTB dan Sulteng.

"Dari APBN masih dilakukan revisi anggaran terkait bencana ini, saat ini kita ingin dana desa yang ada di desa-desa terdampak bencana itu bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam menyikapi bencana," jelasnya.

Eko menuturkan, jumlah desa yang terdampak bencana yakni di Sigi ada sebanyak 174 desa, sekitar 130 sekian desa di daerah itu terkena bencana.

"Kita harus mulai dari nol lagi. kita juga masih menunggu hasil evaluasi, apakah desa yang terkena dampak tersebut di pindah atau masih tetap di lokasi yang sama," tukasnya.

Tags : Gempa Donggala , Palu ,

Berita Terkait