Jokowi dan Ketum PBNU Masuk Daftar 50 Muslim Paling Berpengaruh Sedunia

| Jum'at, 19/10/2018 15:41 WIB
Jokowi dan Ketum PBNU Masuk Daftar 50 Muslim Paling Berpengaruh Sedunia Presiden Joko Widodo dan KH Said Aqil Siroj masuk dalam daftar 50 tokoh Muslim paling berpengaruh sedunia tahun 2019. (Foto: aswajamuda)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pusat studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), sebuah lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institur Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam mengeluarkan daftar terbaru 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh tahun 2019. Dalam daftar tersebut, sejumlah pemimpin dan tokoh muslim dunia masuk dalam tokoh muslim paling berpengaruh.

Dari 50 tokoh Muslim dunia tersebut, terdapat nama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Presiden Jokowi berada diurutan ke-16 dalam daftar tersebut. 

Selain itu, juga masuk Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul ulama (PBNU) KH Said aqil Siroj. Kiai Said yang merupakan lulusan Universitas di Timur Tengah itu menduduki peringkat ke-20 sebagai tokoh muslim paling berpengaruh sedunia.

Ulama Indonesia yang masuk dalam daftar 50 tokoh muslim tersebut selain Kiai Said juga ada Habib Lutfi bin Yahya. Ketua MUI Jawa Tengah ini berada di peringkat ke-37.

Sementara, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menghuni posisi pertama mengalahkan Raja Arab Saudi King Salman bin Abdul Aziz Al-Saud yang berada di peringkat ke-2.

Sekadar informasi, dari daftar 50 tokoh itu diambil dari 13 kategori. Adapun 13 kategori itu diantaranya di bidang ilmu, politik, administrasi hubungan keagamaan, pengkhotbah dan pemimpin spritual, filantropi/dermawan, isu sosial, sains dan teknologi, seni dan budaya, pembacaan Alqur`an, media, selebritas, dan bintang olahraga, serta bidang ekstremisme. 

Tags : Tokoh Muslim Sedunia , Jokowi , KH Said Aqil Siroj , Indonesia

Berita Terkait