Jokowi Silaturahmi ke PP Girikusumo, Dalam Rangka Apa?

| Jum'at, 19/10/2018 23:08 WIB
Jokowi Silaturahmi ke PP Girikusumo, Dalam Rangka Apa? Presiden Jokowi (foto: setkab)

DEMAK, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) silaturahmi ke Pondok Pesantren Girikusumo di Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Disana, Jokowi ikut shalat Maghrib berjamaah dengan ribuan santri sebelum bertemu dengan pengasuh Ponpes, KH Munif Zuhri.

Pertemuan dengan Kiai Munif berlangsung tertutup selama beberapa jam. Usai pertemuan, terlihat Jokowi membawa sebuah tongkat.

"Iya, diberikan. Baru saja diberikan pada saya tongkat milik beliau (KH Munif Zuhri)," kata Jokowi pada awak media, Jum`at, 19 Oktober 2018.

Namun, saat ditanya alasan Kiai Munif memberikan tongkat, Jokowi tidak mau menyampaikannya. "Saya diberi ya Alhamdulillah. Iya tongkat itu yang biasa beliau pakai, diberikan pada saya," ucapnya.

"Ada maknanya, tadi disampaikan. Tapi tidak boleh disampaikan," imbuhnya.

Jokowi juga menyampaikan hasil diskusi dengan Kiai Munif. Ia menjelaskan bahwa bertemu Kiai Munif membahas masalah kenegaraan dan kebangsaan.

"Banyak diskusi masalah kenegaraan dan kebangsaan. Pandangan-pandangan beliau (KH Munif Zuhri) sangat luas tentang tata kenegaraan dan kebangsaan," ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga mengaku sudah lama tidak berkunjung ke PP Girikusumo. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut terakhir silaturahmi pada 2014 silam.

"Ketemu Pak Kiai 2014 lalu dan belum pernah bertemu lagi. Ketika saya ke Semarang, saya sangat menyempatkan bertemu dengan beliau," pungkasnya. 

Tags : PP Girikusumo , KH Munif Zuhri , Jokowi , Silaturahmi

Berita Terkait