Tanoto Foundation Gelar Pelatihan Peningkatan Mutu Kepsek dan Pengawas Sekolah

| Selasa, 23/10/2018 20:17 WIB
Tanoto Foundation Gelar Pelatihan Peningkatan Mutu Kepsek dan Pengawas Sekolah Tanoto Foundation (foto: istimewa)

JAMBI, RADARBANGSA.COM – Menindaklanjuti perjanjian kerjasama antara Tanoto Foundation dan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi tentang peningkatan mutu pendidikan di Tanjung Jabung Barat, Tanoto Foundation akan melatih kepala sekolah dan pengawas di wilayah tersebut.

Sebagai informasi, kemajuan sekolah kerap terhambat lantaran kegagalan pengelolaan. Kepala sekolah dituntut terus meningkatkan kapasitas manajemennya, khususnya dengan menerapkan manajemen berbasis sekolah (MBS) secara penuh komitmen, konsisten, dan konsekuen.

Semangat inti MBS adalah otonomi, sehingga penerapan MBS menuntut kepemimpinan kepala sekolah yang kuat dan berorientasi pada pembelajaran. "Maka, kepsek seharusnya mempunyai komitmen dan kapasitas pembelajaran yang baik sebagai pengarah dan pengelola pembelajaran," kata Syaiful Bahri dalam rilisnya kepada radarbangsa, Selasa 23 Oktober 2018.

Diketahui, pelatihan diselenggarakan oleh Tanoto Foundation. Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama, pelatihan berlangsung selama dua hari yakni 24-25 Oktober 2018 dan diikuti 21 kepala sekolah dan 6 pengawas dari 24 sekolah mitra.

Fitria Hima Mahligai, Training Specialist Primary mengatakan, kepala sekolah merupakan kunci perubahan pada tingkat sekolah, "Kepala sekolah sebagai manajer memiliki peran yang cukup strategis untuk membawa perubahan tersebut di sekolah, sehingga dengan adanya pelatihan ini diharapkan semua terlibat aktif mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan program di sekolah,” kata Fitri.

Tags : Tanoto Foundation , Pelatihan Manajemen ,

Berita Terkait