Empat Tahun Jokowi-JK, Mendes: Desa Semakin Maju

| Rabu, 24/10/2018 20:28 WIB
Empat Tahun Jokowi-JK, Mendes: Desa Semakin Maju Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo. (Foto: sindonewscom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Empat tahun kerja pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla, pemerintah memaparkan hasil-hasil pembangunan yang sudah dilakukan, salah satunya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengungkapkan, dalam empat tahun ini, pemerintah telah menyalurkan dana desa hingga Rp 187 Triliun.

"Peningkatan penyerapan ini cerminan bahwa tata kelola di desa membaik. Keberhasilan dana desa pun ditentukan oleh pendampingan. Kami mempunyai 40.000 Pendamping Desa," kata Mendes PDTT Eko Sandjojo di Jakarta, Selasa 23 Oktober 2018.

"Saat ini kami juga bekerjasama juga dengan Forum Pertides (Perguruan Tinggi untuk Desa) dengan 100 universitas yang setiap tahun mengirim 75 ribu mahasiswa KKN tematik untuk membantu pendampingan," tambahnya.

Menurut Eko, kesuksesan program dana desa ini menjadi perhatian dunia. Peraih nobel bidang ekonomi Joseph Stiglitz juga mengapresiasi kebijakan ini.

"Sejumlah negara Asia Pasifik dan kawasan lainnya juga siap meniru model pembangunan pedesaan yang saat ini dilakukan di Indonesia," tukasnya.

Tags : Menteri Eko Sandjojo , Dana Desa ,

Berita Terkait