Kiai Ma`ruf Amin Bicara Peningkatan Ekonomi di Depan Petani Banyuwangi

| Rabu, 31/10/2018 20:10 WIB
Kiai Ma`ruf Amin Bicara Peningkatan Ekonomi di Depan Petani Banyuwangi Cawapres Nomor Urut 02, KH Maruf Amin silaturrahim dengan pengasuh dan ribuan santri Ponpes Darussalam, Blokagung, Banyuwangi (dok radarbangsa)

BANYUWANGI, RADARBANGSA.COM - Calon wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 KH. Ma`ruf Amin bertemu ribuan petani dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu, 31 Oktober 2018. Di hadapan para petani, Kiai Ma`ruf berjanji akan memperhatikan kesejahteraan nasib ekonomi keluarga Petani.

"Saya akan datang lagi ke Banyuwangi sebagai Wakil Presiden. Di sini saya akan membantu Pak Jokowi untuk meningkatkan ekonomi rakyat kecil dan menghilangkan disparitas ekonomi rakyat kecil dan ekonomi kuat. Termasuk untuk kesejahteraan petani," kata Kiai Ma`rufdi Hall Alam Indah Lestari.

Menurut Kiai Ma`ruf, peningkatan kesejahteraan petani ini bisa dilakukan melalui berbagai kemitraan-kemitraan antara pihak pemerintah dan swasta. Hal itu bisa dimulai dari permodalan, bibit, dan pupuk yang saat ini sudah dijalankan pemerintah.

Kemudian, pemerintah juga akan menjanjikan redistribusi aset lahan milik pemerintah untuk dibagikan kepada para petani. Hal ini, lanjut Kiai Ma`ruf, agar para petani kecil tidak lagi menyewa lahan, tapi memiliki lahan sendiri.

"Melalui kemitraan, melalui redistribusi aset lahan kita lakukan. Agar petani punya lahan sendiri," ucapnya.

Selain itu, peningkatan ekonomi bagi para petani, terang Kiai asal Banten itu, adalah dari mekanisasi pertanian. Saat ini sudah waktunya petani menggunakan mesin untuk meningkatkan hasil panen dan mengurangi biaya produksi.

"Kita sudah bisa bikin mesin sendiri untuk menunjang kinerja petani. Semua untuk meningkatkan hasil panen dan mengurangi biaya produksi. Mekanisasi pertanian sudah waktunya, mulai menanam, merawat hingga panen dengan mesin. Panen dengan mesin akan meningkatkan hasil panen 15 persen. Makanya itu yang perlu dilakukan saat ini," tutup Kiai Ma`ruf. 

Tags : KH Maruf Amin , Petani , Banyuwangi , Peningkatan Ekonomi

Berita Terkait