Cak Imin: RUU Pesantren Fondasi Kekuatan Santri

| Minggu, 04/11/2018 10:03 WIB
Cak Imin: RUU Pesantren Fondasi Kekuatan Santri Panglima Santri Nusantara Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengarak bendera Merah Putih sepanjang 400 meter bersama ribuan santri dalam acara jalan sehat sarungan di Jember, Minggu (4/11) pagi. (Foto: radarbangsacom)

JEMBER, RADARBANGSA.COM - Panglima Santri Nusantara, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengikuti Jalan Sehat Sarungan di Jember, Minggu 4 November 2018. Dengan memakai sarung dipadu dengan kaos hitam dan kopiah, Cak Imin didaulat melepas jalan sehat tersebut dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2018.

Jalan Sehat Sarungan ini diikuti puluhan ribu peserta. Terdiri dari masyarakat umum dan santri sejumlah pondok pesantren. Mengambil start dan finish di Alun-Alun Jember, gerak jalan menempuh jarak sekitar 5 Km. Semua peserta memakai busana ala santri.

"Bismillahirrahmanirrahim, mari kita mulai jalan sehat santri sarungan dalam rangka memperingati Hari Santri 2018," kata Cak Imin sembari mengangkat bendera, Minggu 4 November 2018.

Dalam sambutanya, Cak Imin mengaku bangga dan bahagia kiprah santri dalam mewarnai Indonesia semakin nyata. Salah satu wujudnya adalah RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan yang kini sudah disetujui sebagai RUU Usul Inisiatif DPR RI.

“Hari Santi nasional tahun 2018 ini mendapatkannya kado istimewa yaitu disahkannya Rancangan Undang-Undang Pendidikan Pesantren dan Madrasah sebagai bagian integral bahwa kemajuan santri akan menentukan kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang," ungkap Cak Imin.

Wakil Ketua MPR RI ini berharap RUU tersebut segera disahkan oleh DPR dan dijadikan fondasi kekuatan santri untuk semakin maju, berdaya saing, dan memperbaiki pola dan sistem pendidikan di madrasah dan pesantren.

"Insyaallah Undang-Undang ini dalam waktu dekat kita akan jadikan kekuatan fondasi santri, bahwa puluhan juta santri di Nusantara memiliki kontribusi yang tidak kecil. Bukan saja hari ini, tetapi sejak pra kemerdekaan, kemerdekaan, hingga hari ini mengisi pembangunan dan warna Indonesia masa depan," pungkas dia.

Sementara ribuan santri yang hadir kompak membaca shalawat mengiringi pelepasan jalan sehat sarungan tersebut. Di sepanjang jalan, mereka juga bersama-sama menyanyikan mars Syubbanul Wathon karya KH. Wahab Chasbullah.

Tak hanya itu, bendera Merah Putih sepanjang 400 meter juga mereka bentangkan di sepanjang jalan. Bahkan sebuah spanduk bertuliskan “NKRI Yes, Khilafah No” juga mereka bawa.

Tags : Cak Imin , Jalan Sehat Sarungan , RUU Pesantren

Berita Terkait