Keluarga Besar dan Ikatan Mahasiswa Gresik Jabodetabek Gelar Silaturahim

| Selasa, 06/11/2018 18:27 WIB
Keluarga Besar dan Ikatan Mahasiswa Gresik Jabodetabek Gelar Silaturahim Keluarga Besar Masyarakat Gresik dan Ikatan Mahasiswa Gresik Jabodetabek gelar silaturahim (foto: IMAGE Jabodetabek)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Bagi para perantau, bertemu dengan sesama perantau sedaerah bagaikan bertemu dengan sanak saudara sendiri. Ada rasa kebersamaan yang terjalin di sana. Alasan itulah yang membuat Ikatan Mahasiswa Gresik (IMAGE) Jabodetabek menginisiasi Silaturahim Keluarga Besar Masyarakat Gresik dan Ikatan Mahasiswa Gresik Jabodetabek pada hari Minggu (4/11) lalu.

Agenda besar ini bertempat di Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Berkat upaya sosialisasi yang gencar, baik melalui media sosial maupun dari mulut ke mulut, agenda silaturahim ini dihadiri oleh lebih dari 500 perantau asal Gresik yang berada di Jabodetabek.

Acara dimulai pukul 09.30 WIB, diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan pagelaran budaya. Pagelaran budaya kali ini mengangkat budaya asli Gresik, yaitu Tari Damar Kurung yang ditampilkan oleh 3 orang penari yang ketiganya merupakan mahasiswa asal Gresik. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia dan Dinas Pariwisata Kabupaten Gresik.

Menjelang penutupan, diselenggarakan deklarasi Paguyuban Gresik–Jabodetabek oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Gresik yang ditandai dengan menyalakan Damar Kurung Jumbo. Setelah deklarasi, acara dilanjutkan dengan doa bersama dan penampilan spesial dari An-Nabawy Gambus, sebuah grup gambus terkenal yang personilnya berasal dari Gresik. Terakhir, acara ditutup dengan pembagian doorprize bagi tiga kategori: busana ter-Gresik, ngomong ter-Gresik, dan keluarga versi Gresik-an.

Dalam sambutannya, Zizi Mubaroq selaku ketua panitia menuturkan, “Acara ini digelar semata-mata untuk menumbuhkan rasa kebersamaan antar masyarakat, warga, dan pemerintah Gresik yang tinggal di Jabodetabek, selain itu harus ada wadah menyatukan aspirasi masyarakat dan mahasiswa terhadap pemerintah Gresik untuk Gresik yang lebih baik.” katanya. 

“Pertemuan akbar ini juga dirasa sesuai untuk mengukuhkan sekaligus meresmikan organisasi Paguyuban Warga Gresik agar silaturrahmi ini tak berhenti di acara ini. Ikatan Mahasiswa Gresik (IMAGE) Jabodetabek sendiri berharap lewat acara ini, mahasiswa dan warga Gresik dapat lebih mencintai budaya, kesenian, serta aset pariwisata yang dimiliki Gresik walaupun mereka sudah bertahun-tahun tidak kembali ke tanah kelahirannya tersebut”, tambahnya.

Diketahui, selain acara silaturahim, panitia juga menyuguhkan festival kuliner khas Gresik, seperti Nasi Krawu, Soto Cak Bukin, Pudak, Otak-otak Bandeng,  Jubung/juwada dan lain-lain. Tentu festival kuliner ini menambah antuasias masyarakat yang menghadiri acara tersebut. 

Turut hadir dalam acara itu anggota DPR RI Jazilul Fawaid, Achmad Rudy Djauhanis, KH.  Miftah Faqih (Wakil Katib Am PBNU), Kolonel TNI AL Rudy Jauhanis, pemilik Soto Cak Bukin Masbukhin, Nasi Krawu Mbak Qisya sebagai sponsor acara, H. Suaeb, Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata Kabupaten Gresik Yayuk, Koordinator Nasional JPPI Abdullah Ubaid Matraji, Sekretaris LP2M UIN Imam Subhi, dan Kapolresta Tangerang Sabilul Alif. 

Tags : Ikatan Mahasiswa Gresik Jabodetabek

Berita Terkait