Terjerat Korupsi, DPP PAN Cari Pengganti Taufik Kuniawan

| Sabtu, 10/11/2018 14:00 WIB
Terjerat Korupsi, DPP PAN Cari Pengganti Taufik Kuniawan Ketum DPP PAN, Zulkifli Hasan dan Prabowo Subianto. Foto: @ZUL_Hasan

JAKARTA, RADARBANGSA.COM- Setelah Taufik Kurniawan ditetapkan sebagai tersangka kasus suap anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik pada perubahan APBN Tahun anggaran 2016, DPP PAN terus mencari sosok penggantinya di pimpinan DPR RI.

Sejumlah nama sudah mulai bermunculan, salah satunya Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Mulfachri Harahap untuk mengantikan Taufik Kurniawan sebagai Wakil Ketua DPR.

Pengamat politik Boni Hargens menduga bahwa Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais sengaja menjeblokan Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan ke KPK untuk memberi jalan kepada anaknya, Ahmad Hanifi Rais agar bisa dengan mudah menduduki posisi pimpinan DPR.

Apalagi menurut Boni, jika Hanif Rais terus didorong ke arah tersebut. "Patut diduga Amien Rais sengaja menjerusmuskan Taufik Kurniawan untuk meloloskan anaknya jadi pimpinan DPR. Presepsi ini akan sulit dihindari kalau Amien terus berambisi mendorong anaknya menjaadi pimpinan DPR," kata Boni, Minggu, 4 November 2018.

Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan masih merahasiakan siapa sosok pengganti Taufik Kurniawan.

"Nanti saja tunggu beritanya lihat, nanti lihat saja, ya nanti setelah reses, kan masih reses, begitu masuk sudah ada" kata Zulkifli Hasan usai acara pemasangan bendera Merah Putih dan Bendera PAN di Petogongan, Jakarta Selatan, Sabtu, 10 November 2018.

Sementara Ketua PAN, Yadri Susanto mengatakan untuk mengisi Wakil Ketua DPR RI yang ditinggal Taufik Kurniawan sudah mengerucut pada satu nama.

"Di internal PAN tidak ada tarik menarik, tidak ada perdebatan panjang tidak ada silang sengketa pendapat. PAN itu sepakat untuk menentukan pilihan dan saya bilang tadi 1 nama sudah ada," ujar Yandri Susanto

Tags : PAN , KPK , Korupsi , Taufik Kurniawan