Langkahi Makam KH. Bisri Syansuri, Karding: Sandiaga Tak Paham Adab

| Senin, 12/11/2018 12:33 WIB
Langkahi Makam KH. Bisri Syansuri, Karding: Sandiaga Tak Paham Adab Wakil Ketua TKN Jokowi-Maruf Amin, Abdul Kadir Karding (dok AKK Center)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Uno kembali menjadi sorotan setelah dia terekam video melangkahi makam ulama dan salah satu tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri di Kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Denanyar, Jombang, Jawa Timur.

Video berdurasi 14 detik yang beredar luas dan viral di media sosial sontak membuat banyak kalangan menyayangkannya.

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Kadir Karding menilai perbuatan Sandiaga itu tak pantas dilakukan, terlebih dia adalah Cawapres.

“Sangat tidak etis. Seseorang yang tidak pernah mondok sekali pun, melangkahi makam adalah tindakan yang tidak sopan,” kata Karding di Jakarta, Senin 12 November 2018.

Karding bahkan menilai Sandiaga tidak paham adab ziarah kubur. Jika Sandiaga paham adab tersebut, tentu dia akan bersikap sopan tanpa melangkahi makam, apalagi makam seorang ulama.

“Kalau orang NU ziarah kubur itu dilakukan dengan tahlil,” imbuh legislator asal Dapil Jawa Tengah VI ini.

Dia juga menyoroti gelar santri di era post-Islamisme yang diberikan Presiden PKS Shohibul Iman untuk Sandiaga. Melihat aksi Sandiaga melangkahi makam tokoh NU, Karding menilai label santri tersebut nampak hanya untuk kepentingan politik belaka.

“Sebagai calon pemimpin, apalagi Indonesia yang terkenal adab sopannya, tentu ini tidak pantas dilakukan. Karena pemimpin itu mesti jadi contoh rakyat,” tukas Karding.
 
Dalam video itu, Sandiaga awalnya melakukan tabur bunga di makam KH Bisri Syansuri. Setelah selesai, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu terlihat melangkahi makam tersebut untuk beralih menabur bunga ke makam lain.

Calon presiden (capres) Prabowo Subianto yang juga bersama Sandiaga nyaris mengikuti langkah cawapresnya. Namun dia dicegah pengurus Ponpes Denanyar dan diminta memutar tidak melangkahi makam.

Tags : Abdul Kadir Karding , Sandiaga Uno , KH. Bisri Syansuri

Berita Terkait