PKB DKI Jakarta Pertanyakan Kinerja TGUPP Soal Rendahnya Penyerapan Anggaran

| Senin, 12/11/2018 12:47 WIB
PKB DKI Jakarta Pertanyakan Kinerja TGUPP Soal Rendahnya Penyerapan Anggaran Hasbiallah Ilyas (Ketua DPW PKB DKI Jakarta). (Dok PKB)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) DPRD DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas mengkritisi rendahnya penyerapan anggaran APBD DKI Jakarta. Padahal, bulan depan telah memasuki akhir tahun 2018.

Tak hanya itu, Hasbi mengatakan rendahnya penyerapan anggaran APBD juga dikarenakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tidak tegas pada jajarannya. Ia juga mempertanyakan kinerja Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) yang dibentuk Anies diawal masa jabatannya.

Menurutnya, Anies terlalu yakin dengan tim TGUPP yang diharapkan bisa memaksimalkan penyerapan anggaran. Karena itu, ia juga meminta TGUPP ikut bertanggungjawab atas hal ini.

"(Rendahnya penyerapan) karena ketidaktegasan. Gubernur (Anies) terlalu asyik dengan modelnya TGUPP itu," kata Hasbi pada awak media, Senin, 12 November 2018.

Hasbi juga menanggapi kinerja kepala bidang di setiap dinas. Menurutnya, beberapa Kabid tidak memahami tugasnya seperti yang ada di Dinas Sumber Daya Air (SDA) yang penyerapan anggarannya hanya 20 persen.

"Lambatnya (juga) di tatanan bawah ya, bukan di tatanan Kepala Dinas sebenarnya. Tatanan dibawah ini setelah kepala dinas, kabid-kabidnya itu, bekerjanya tidak maksimal seperti misal di tata air (SDA) itu kabidnya tidak maksimal kerjanya," jelas Hasbi.

Diketahui, Dinas SDA mempunyai anggaran dengan total Rp1,83 triliun. Sementara, penyerapan anggarannya baru sebesar Rp373,3 miliar. 

Tags : FPKB DKI Jakarta , Penyerapan Anggaran , DKI Jakarta , TGUPP

Berita Terkait