Pemkab Sumenep Kesulitan Renovasi Dermaga I Pelabuhan Kaliaget

| Senin, 12/11/2018 19:23 WIB
Pemkab Sumenep Kesulitan Renovasi Dermaga I Pelabuhan Kaliaget Ilustrasi (Foto: Wahyu/detikTravel)

SUMENEP, RADARBANGSA.COM- Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sumenep, Sustono mengatakan kesulitan untuk merenovasi kondisi dermaga I pelabuhan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur yang mengalami kerusakan di jembatan penumpang dan ujung dermaga ambrol.

"Pemerintah Kabupaten Sumenep tidak bisa memperbaiki dergama tersebut, pasalnya status kepemilikan itu tercatat punya Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan," kata Sustono, Senin, 12 November 2018.

Rusaknya Dermaga I Pelabuhan Kalianget ini, akan menyulitkan kapal dari Sepudi, Raas, dan Jangkar Situbondo untk bersandar.

"Dermaga ini memang sudah lama rusak, tapi karena memang tidak ada dermaga lain, yaa terpaksa tetap dimanfaatkan," ujarnya.

Meski Pemkab tidak memiliki wewenang untuk merenovasi, Sustono menjelaskan sudah mengusulakan kepada Kementerian Perhubungan RI.

“Sejak tahun 2016, kami telah mengusulkan anggaran sebesar Rp 10 miliar untuk perbaikan Dermaga I, bahkan 2017 telah mempresentasikannya di Kemenhub. Perencanaan tersebut bukan kewenangan kami di Dishub, melainkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur” terangnya.

Tags : Sumenep , Madura , Kemenhub