Pada Pemilu 2019, Kota Yogyakarta Mengalami Peningkatan Jumlah Pemilih

| Selasa, 13/11/2018 11:58 WIB
Pada Pemilu 2019, Kota Yogyakarta Mengalami Peningkatan Jumlah Pemilih KPU Kota Yogyakarta saat rapat koordinasi supervisi alat peraga kampanye pada pemilu 2019. (Foto: @kpukotajogja)

YOGYAKARTA, RADARBANGSA.COM- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta, Hidayat Widodo mengatakan bawa jumlah pemilih Pemilu 2019 mengalami peningkatan.

Dari hasil Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap kedua, di Kota Yogyakata bertambah dibanding jumlah pemilih pada pemilu sebelumnya.

"Penambahan yang paling dominan disebabkan perpindahan penduduk dari luar kota masuk ke Yogyakarta. Alasannya banyak hal, ada yang berpindah karena pekerjaan, ada yang menikah dan ikut tinggal di Yogyakarta," kata Hidayat, dikutip dari Antara, Selasa, 13 November 2018.

Pada DPTHP tapap kedua, KPU Kota Yogyakarta menetapkan jumlah pemilih menjadi 311.299 peilih, terdiri dari 149.027 pemilih laki-laki dan 163.272 pemilih perempuan yang terbagi dalam 1.373 tempat pemungutan suara (TPS), hasil ini berbeda dengan hasil DPTHP tapah pertama, dimana baru ditetapkan jumlah pemilih sebanyak 299.229.

Hidayat juga menjelaskan banyak mencoret daftar pemilih hasil DPTHP tahap pertama, karena sudah tidak memunuhi syarat.

"Misalnya saja ada yang pindah ke luar daerah sehingga tidak lagi tercatata sebagai warga kota yogyakarta," jelasnya.

Hasil DPTHP tahap kedua, lanjut Hidayat sudah lengkap tidak ada lagi elemen data hilang seperti nomor induk kependudukan yang kosong.

Sebelumnya Bawaslu Kota Yogyakarta berharap agar validitas data pemilih dalam DPTHP tahap kedua bisa terjaga, untuk digunakan sebagai data hak pilih pada pemilu 2019.

Tags : KPU , Pemilu 2019 , Yogyakarta