Hanif Dhakiri Minta Pelaku Usaha Terlibat Aktif Kembangkan Investasi SDM

| Selasa, 13/11/2018 21:56 WIB
Hanif Dhakiri Minta Pelaku Usaha Terlibat Aktif Kembangkan Investasi SDM Menaker Hanif Dhakiri saat memberi motivasi kepada peserta Workshop Fashion Technologi di BLK Semarang. (Foto: @KemnakerRI)

SEMARANG, RADARBANGSA.COM- Rencana kerja Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI di tahun depan, akan memberi skala prioritas untuk mengembangkan investasi Sumber Daya Manusia (SDM).

Untuk itu, pemerintah melalui Kemnaker meminta kepada dunia usaha terlibat aktif melakukan investasi SDM.

“Investasi SDM ini memang memerlukan dukungan penuh dari industri atau sektor swasta, agar ada percepatan investasi SDM bisa dilakukan. Maka, kita juga mendorong kepada pemda untuk memberi insentif pada dunia usaha yang melakukan investasi SDM. Baik melalui pemagangan atau training,” kata Hanif saat menyerahkan sertifikat kompetensi kepada 2.513 lulusan pelatihan Balai Besar Pengembangan Pelatihan Kerja (BBPLK) di Semarang, Selasa, 13 November 2018.

Kemenaker menjelaskan untuk investsi SDM, akan fokus pada kualitas, kuantitas dan persebaran

“Kalau investasi SDM berhasil dilakukan, maka tenaga kerja Indonesia akan mempunyai skil yang dibutuhkan perusahaan. Karena, kebutuhan tenaga kerja yang terlatih kita sangat besar sekali, tapi SDM yang ada relatif terbatas,” uangkap Hanif.

Ia mengakui, kebutuhan tenaga kerja sangat besar, sementara ketersediaan tenaga kerja relatif terbatas khususnya dari aspek skill sehingga terus digenjot melalui program masifikasi untuk latihan kerja."Pemerintah terus melakukan masifikasi ini agar kita memiliki tenaga kerja yang berkualitas jumlah yang relatif memadai. nantinya, persebarannya juga relatif memadai di berbagai daerah," tutur Hanif.

Diketahui, Sinergi Youth Career Fest yang berlangsung di BBPLK Semarang itu diisi pula dengan peragaan busana karya siswa, bursa kerja, dialog interaktif, kelas edukasi, pameran, hingga stand up comedy.

Tags : Hanif Dhakiri , Kemnaker RI , Ivestasi , SDM