LSI Denny JA: PKB Partai Paling Patuh Imbauan Ulama

| Rabu, 14/11/2018 18:45 WIB
LSI Denny JA: PKB Partai Paling Patuh Imbauan Ulama Dokumentasi hasil survei LSI Denny JA

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA meliris hasil survei tentang Ulama dan Efek Elektoralnya, Rabu 14 November 2018.

Dari delapan segmen survei yang dilakukan, satu diantaranya adalah segmen tentang pilihan partai politik.

Hasilnya pemilih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadi pemilih yang paling patuh terhadap imbauan ulama dibanding partai lain, yaitu sebesar 82,7 persen.

Disusul di posisi kedua pemilih Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 79,4 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 74,8 persen, dan Partai Bulan Bintang dengan 66,7 persen.

Selain itu, terdapat 51,7 persen pemilih menyatakan bahwa mereka mendengar imbauan dari tokoh agama seperti ulama, pastor dan biksu terkait pilihan di Pilpres 2019.

Dari 51,7 persen itu, 58,7 persen diantaranya memilih pasangan Joko Widodo-KH. Ma`ruf Amin, sementara 29,3 persen memilih Prabowo Subianto- Sandiaga Uno.

Sementara itu, ada 5 ulama yang dikenal dan dipatuhi imbauannya, yaitu Ustadz Abdul Somad, Ustadz Arifin Ilham, Ustadz Yusuf Mansur, Abdullah Gymnastiar (AA Gym), dan Habib Rizieq Shihab.

Sedangkan ulama yang dihormati, dipatuhi imbauannya, tapi kurang dikenal ada 16, lima diantaranya adalah Din Syamsudin, KH. Salahudin Wahid, Bachtiar Nasir, KH. Said Aqil Siroj dan KH. A. Mustofa Bisri.

Survei ini dilakukan pada 10-19 Oktober 2018 dengan metode Multistage Random dengan jumlah sampling sebanyak 1200 orang. Margin of error survei tersebut adalah 2,8 persen.

Tags : PKB , LSI Denny JA , Survei