KTT ASEAN-Jepang, Jokowi Tekankan Pentingnya Mitigasi Bencana

| Kamis, 15/11/2018 09:06 WIB
KTT ASEAN-Jepang, Jokowi Tekankan Pentingnya Mitigasi Bencana Presiden RI Joko Widodo pimpin upacara HUT TNI ke-73 di Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (5/10). (Foto: mediaindonesiacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya penanggulangan bencana dalam pertemuan KTT ke-21 Asean-Jepang di Singapura, Rabu 14 November 2018. Hal ini diusulkan dikarenakan Jepang juga merupakan mitra pertama ASEAN diketahui merupakan kawasan yang rentan terhadap bencana.

“Dalam tiga dekade terakhir 40 persen bencana terjadi di kawasan Asia di mana 90 persen menyebabkan korban jiwa dan 50 persen lebih menyebabkan kerugian ekonomi,” kata Presiden Jokowi dilansir setkabgoid, Kamis 15 Oktober 2018.

Menurut Presiden Jokowi, data Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun 2018 memprediksi kerugian ekonomi akibat bencana di kawasan tersebut mencapai lebih dari USD160 miliar per tahun hingga 2030.

“Kita tidak dapat mencegah bencana alam. Namun, kita dapat meminimalisir korban dan perlu memastikan bahwa terdapat sumber yang akan mendukung bangkitnya wilayah bencana,” tambah Presiden.

Presiden menuturkan, beberapa di antaranya dapat dilakukan dengan penguatan kerja sama terkait mekanisme peringatan dini, pembangunan infrastruktur tahan bencana, hingga pendanaan untuk rekonstruksi dan rehabilitasi pasca bencana.

 

 

Tags : Presiden Jokowi , KTT ASEAN , Jepang ,