Anggaran 2019, Mendes PDTT: Dana Desa Fokus Tingkatkan SDM

| Kamis, 15/11/2018 21:34 WIB
Anggaran 2019, Mendes PDTT: Dana Desa Fokus Tingkatkan SDM Eko Putro Sandjojo (Menteri Desa PDTT). (Foto: metrotvnews.com)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo mengatakan pengawasan dan pendampingan dalam program dana desa harus diperketat dengan kerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, dan Kejaksaan.

“Evaluasi empat tahun pembangunan desa melalui dana desa sudah banyak menghasilkan pencapaian-pencapaian yang diapresiasi negara berkembang dan dijadikan model pembangunan desa,” kata Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo di Hotel Sultan Jakarta, Rabu 14 November 2018.

Menurut Eko Sandjojo, tahun-tahun sebelumnya pembangunan desa lebih digenjot pada bidang infrastruktur superit jalan, jembatan, embung dan lain-lain, “Tahun depan akan difokuskan pada pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi desa,” katanya.

"Dengan banyak terbangunnya infrastruktur maka fokus dana desa untuk tahun depan lebih pada pemberdayaan masyarakat dan ekonomi desa,” tambahnya.

Bahkan lanjut Mendes, model pendampingannya, pemerintah dan bank dunia ada program Bursa Inovasi Desa untuk gali inovasi masyarakat dan hasilnya didokumentsikan dalam bentuk tertulis atau video di 438 kabupaten.

Tags : Mendes PDTT , Eko Sandjojo , Dana Desa ,