Bantu Masyarakat Desa, Menteri Eko Minta BUMDes Kerjasama dengan Bank Pemerintah

| Senin, 19/11/2018 10:01 WIB
Bantu Masyarakat Desa, Menteri Eko Minta BUMDes Kerjasama dengan Bank Pemerintah Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo. (Foto: sindonewscom)

BENGKULU, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo meminta kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk melakukan kerjasama dengan bank-bank pemerintah untuk mempermudah transaksi keuangan masyarakat desa.

"Jadi, masyarakat kalau mau ke bank tidak perlu lagi ke kota. Cukup datang ke BUMDes-nya yang sudah bekerja sama dengan bank BUMN seperti BRI atau BNI," kata Menteri Eko Sandjojo saat berada di Bengkulu, Jumat 16 November 2018, lalu.

Selain itu, menurut Eko, daerah Bengkulu memiliki kekayaan alam yang dapat dikomersilkan lewat BUMDes. Seperti sektor pariwisata, pertanian, dan kelautan.  Tentu sektor ini dapat meningkatkan perekonomian desa.

Dalam hal ini, lanjut Eko, siap membantu mencari investor bagi produk unggulan yang memenuhi skala ekonomi. "Saya sudah bicara dengan Pak Gubernur (Bengkulu), saya akan bantu Pak Gubernur dan Bupati bertemu dengan kementerian/lembaga terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan lainnya, agar konektivitas dan infrastruktur Bengkulu segera terbangun. Saya juga akan bantu komunikasikan ke investor dan BUMN untuk membantu pasca panennya," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan engkulu memiliki ragam produk unggulan yang dapat dikembangkan bahkan siap untuk ekspor, seperti kopi, kelapa sawit, dan batu bara. Untuk itu, Bengkulu terbuka untuk para investor yang mau membangun.

Tags : Dana Desa , BUMDes , Menteri Eko ,

Berita Terkait