Musabaqah Kitab Kuning

DPW PKB Banten Gelar MKK, Diikuti Ratusan Santri

| Minggu, 25/11/2018 12:54 WIB
DPW PKB Banten Gelar MKK, Diikuti Ratusan Santri Acara pembukaan Musabaqah Kitab Kuning DPW PKB Provinsi Banten di Pondok Pesantren At Tauffiqiyah, Serang, Banten, Minggu (25/11). (Foto: radarbangsacom)

SERANG, RADARBANGSA.COM - Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Provinsi Banten menggelar Musabaqah Kitab Kuning (MKK) tahun 2018. Kegiatan yang diikuti ratusan santri se Banten tersebut digelar di Pondok Pesantren At Taufiqiyah, Serang, Banten, Minggu, 25 November 2018. 

Pantauan radarbangsa.com di lokasi acara, sebanyak 119 santri telah mendaftar untuk menjadi peserta MKK. Para peserta merupakan santri dari pondok pesantren di Banten. 

Ketua Panitia MKK Banten, Eko Supriatno dalam sambutannya mengatakan, kegiatan MKK ini bertujuan untuk menjaga khasanah dan mempertahankan tradisi keilmuan Pesantren. Ia mengungkapkan, sejarah telah mencatat bahwa Kitab Kuning, Pesantren dan santri adalah bagian dari simbol-simbol pengetahuan Islam. 

"Kitab Kuning ini merupakan sumber utama pengetahuan Islam setelah Al Qur`an dan Sunnah," kata Eko. 

Menurutnya, para ulama telah menumpahkan seluruh pengetahuannya dalam Kitab Kuning. Sehingga umat Islam dapat memahami Islam dengan baik. 

Selain itu, para ulama telah memberikan inspirasi serta referensi khazanah keislaman dunia, seperti kitab yang ditulis Syekh Nawawi Al Bantani. Tapi, disaat sekarang ini umat Islam mulai meninggalkan Kitab Kuning. 

"Saya selaku ketua panitia berharap kegiatan MKK ini menjadi salah satu ikhtiar untuk mengajak umat Islam untuk lebih membudayakan kelestarian ilmu dan kitab kuning. Mengaji dan menggali lebih dalam kitab warisan ulama," ujarnya.

"Kami mengajak seluruh umat Islam khususnya di Banten untuk gemar mengaji Kitab Kuning," lanjutnya. 

Sebagaimana diketahui, MKK yang digelar oleh PKB ini merupakan kegiatan rutin untuk meningkatkan kemampuan para santri dan anak muda terhadap penguasaan khasanah keislaman. (Yanuar Prastyo)

Tags : Musabaqah Kitab Kuning , DPW PKB Banten , Santri

Berita Terkait