Survei Median: Jokowi Unggul Atas Prabowo, 16,8% Belum Tentukan Pilihan

| Selasa, 27/11/2018 18:09 WIB
Survei Median: Jokowi Unggul Atas Prabowo, 16,8% Belum Tentukan Pilihan KPU menetapkan pasangan capres-cawapres Jokowi-KH Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebagai peserta Pemilihan Presiden 2019. (Foto: sumutpos)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Lembaga survei Median merilis hasil survei soal elektabilitas pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2019. Dari hasil survei tersebut, pasangan nomor urut 01 Joko widodo-KH. Ma`ruf Amin unggul atas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Survei tersebut melibatkan 1200 responden yang dilakukan pada tanggal 4-16 November 2018 lalu. Saat ditanya pada responden siapa pasangan yang akan dipilih jika pemilihan presiden dilaksanakan hari ini, pasangan Jokowi-Ma`ruf Amin unggul 47,7 persen dan Prabowo-Sandiaga Uno 35,5 persen. Sementara, sebanyak 16,8 persen responden belum menentukan pilihan.

"Jokowi unggul sementara, tapi posisinya masih di bawah 50 persen. Sementara Prabowo tertinggal. Tapi jaraknya ini bisa dikejar karena selisih hanya 12 persen. Jadi saat ini Jokowi-Ma`ruf 47,7 persen, Prabowo-Sandiaga 35,5 persen. Ini selisih 12,2 persen," kata Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, di Resto Bumbu Desa, Cikini Raya, Jakarta, Selasa, 27 November 2018.

Selain itu, hasil survei tersebut juga memperlihatkan bahwa masih ada sekitar 16,8 persen responden yang memiliki hak pilih belum menentukan pilihannya. Artinya, peluang kedua pasangan untuk mendapatkan tambahan suara dari masyarakat yang belum menentukan pilihan masih terbuka.

Rico menyebut, pasangan Jokowi-Ma`ruf Amin memiliki `PR`besar untuk meningkatkan perolehan suaranya. "Jadi PR (Pekerjaan Rumah) Jokowi adalah suaranya harusnya bisa lebih baik dari ini. Dan ini adalah evaluasi Prabowo juga, ini sudah tiga kali dia ikut Pilpres, jadi ini evaluasi dari kedua belah pihak," pungkasnya. 

Tags : Survei Median , Pilpres 2019 , Jokowi , Prabowo

Berita Terkait