Cak Imin: Sesama Kader PKB Jangan Saling Menjatuhkan

| Rabu, 28/11/2018 10:46 WIB
Cak Imin: Sesama Kader PKB Jangan Saling Menjatuhkan Cak Imin memberikan orasi kebangsaan di depan para Kiai dan ribuan santri dalam acara Halaqoh Alim Ulama di Ponpes Cipasung, Tasikmalaya (dok radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) meminta seluruh caleg PKB yang akan berkompetisi di Pemilu 2019, agar lebih mengedepankan kepentingan partai, bangsa dan negara, bertarung secara sehat dan tetap berpegang teguh pada akhlakul karimah.

"Sesama kader PKB jangan saling menjatuhkan, hanya karena ingin menjadi anggota parlemen," kata Cak Imin di kantor DPP PKB, Senin 26 November 2018.

Pada Pemilu 17 April 2019, PKB mengajukan caleg DPR RI sebanyak 575 orang, tersebar di 80 daerah pemilihan (Dapil) dengan rincian laki-laki 355, perempuan 220 orang.

Menurut Cak Imin, dilihat dari jumlah kader yang maju sebagai caleg, akan terjadi persaingan yang cukup ketat sesama kader maupun caleg dari partai lain. Karena itu setiap caleg harus mencurahkan segala kemampuan dan gagasan-gagasan baru agar memperoleh dukungan dari masyarakat.

Wakil Ketua MPR RI ini menginginkan suara PKB merata di seluruh Indonesia. Dari beberapa kali Pemilu kursi PKB di DPR RI didominasi caleg daerah pemilihan Jatim.

"Belum ada Caleg PKB DPR RI dari Dapil Jakarta yang lolos ke Senayan. Sampai ada perkataan Jatim merupakan lumbungnya PKB," ujar Cak Imin.

Pada Pemilu 2014, Caleg PKB berhasil mendulang 47 kursi DPR RI. Dari jumlah itu sebagian besar dihasilkan dari Dapil Jatim. Di DPR RI PDI Perjuangan mendominasi dengan 109 kursi. Golkar di urutan kedua dengan kekuatan 91 kursi. Partai Hanura sebagai juru kunci dengan 16 kursi atau 2,9% kursi DPR.

Pada Pemilu 2019 supaya partai politik peserta Pemilu bisa lolos ke Senayan, syaratnya harus memperoleh minimal 4 persen dari jumlah kursi DPR RI yang diperebutkan. “Kalau tidak melewati ambang batas perolehan suara, ya wassalam," tegas dia.

Tags : Cak Imin , PKB , Pemilu

Berita Terkait