Dana Desa Bangun Spirit Masyarakat Desa

| Rabu, 28/11/2018 18:16 WIB
Dana Desa Bangun Spirit Masyarakat Desa Anwar Sanusi

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Sekjen Kemendes PDTT) Anwar Sanusi mengatakan, empat tahun dilaksanakannya program dana desa telah membangun spirit masyarakat untuk mencintai desa.

“Partisipasi masyarakat desa semakin tinggi. Kalau dulu banyak yang tidak betah. Banyak yang tinggal di desa, sekolah ke kota dan tidak kembali. Dana desa cukup mengerem laju urbanisasi di perdesaan,” kata Anwar Sanusi di Jakarta, Selasa 27 November 2018.

Menurut Anwar, dana desa telah memberikan output besar bagi desa. Di antaranya, untuk menunjang ekonomi masyarakat seperti infrastruktur desa, sarana olahraga dan fasilitas kesehatan.

“Dana desa dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, memberikan dampak signifikan terhadap penurunan angka stunting dari 37 persen menjadi 30 persen,” katanya.

Sementara terkait pengelolaan dana desa, ia mengatakan, telah menunjukkan perbaikan-perbaikan. Hal ini dilihat dari penyerapan dana desa yang selalu mengalami peningkatan.

Tags : Dana Desa , Kemendes PDTT ,

Berita Terkait