Presiden Jokowi Bagikan 3.000 Sertifikat Tanah di Kabupaten Bogor

| Sabtu, 01/12/2018 17:54 WIB
Presiden Jokowi Bagikan 3.000 Sertifikat Tanah di Kabupaten Bogor Presiden RI, Joko Widodo.

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) membagikan 3.000 sertifikat tanah kepada masyarakat di Kabupaten Bogor. Sertifikat tersebut dibagikan untuk masyarakat di empat kecamatan seperti Kecamatan Cigudeg (750 bidang), Kecamatan Jasinga (375 bidang), Kecamatan Ciseeng (1500 bidang), Kecamatan Gunung Sindur (375 bidang). 

"Saya senang sekali setiap bertemu masyarakat saat pembagian sertifikat, kenapa senang? Karena setiap pergi ke setiap kampung, desa, daerah, baik Sumatera, Jawa, NTT, Sulawesi, Papua, semua keluhan sama. Sengketa lahan, sengketa tanah," kata Jokowi di Gedung Kesenian dan Olahraga Kabupaten Bogor, Sabtu, 1 Desember 2018. 

Jokowi beralasan, pembagian sertidikat ini agar tidak ada lagi terjadi sengketa antara masyarakat soal lahan atau tanah. Mantan Walikota Solo ini menyebut masih ada jutaan masyarakat yang belum memiliki sertifikat tanah. 

"Penyebabnya (sengketa), masyarakat tidak pegang sertifikat. Jadi banyak antara masyarakat dengan masyarakat, tetangga dengan tetangga. Itu terjadi karena dari 126 juta yang seharusnya menerima sertifikat, baru 46 juta. Artinya masih ada 80 juta yang belum bersertifikat di seluruh tanah air. Banyak atau enggak?" Ujar Jokowi. 

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil menyebutkan masih ada 540 ribu bidang tanah di Kabupaten Bogor yang belum tersertifikasi. "Namun ditargetkan sesuai dengan arahan bapak Presiden semua sudah memiliki sertifikat tahun 2023," jelas Sofyan. 

Diketahui, target pembagian sertifikat untuk Provinsi Jawa Barat tahun 2018 sebanyak 1.270.188 bidang. Hadir dalam acara tersebut Staf Khusus Presiden Teten Masduki dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum. 

Tags : Jokowi , Sertifikat Tanah , Kabupaten Bogor